Thursday, August 30, 2007

Es Krim Jeruk



Resep diambil dari Glaces et Sorbet (Parragon, 2005). Porsi 6-8 orang. Saya gak punya alat bikin eskrim, jadi ya resikonya kalau terbentuk lapisan kristal di es krim saya. Tapi rasanya bukannya gak enak kok.. hehehe.


Bahan:
  • 30cl susu full cream
  • 90 g gula pasir
  • 3 kuning telur
  • 30 cl cream tebal (thick, épaisse) atau krim untuk membuat whip cream
  • 3 jeruk besar, dan 3 jeruk yang dipotong seperempat untuk hiasan
Cara:

  1. Masukkan susu dalam suatu panci, dan panaskan sampai mendekati mendidih. Tarik dari api.
  2. Dalam suatu mangkok, kocok bersama-sama gula dan kuning telur, hingga dicapai suatu campuran yang putih, dan jika anda menariknya dengan sendok, akan terbentuk suatu pita. Tambahkan susu ke dalamnya, aduk secara konstant dengan sendok kayu. Saring dengan saringan yang sangat tipis. Masak dengan api kecil selama 10 sampai dengan 15 menit, hingga tebal dan menutupi sendok pengaduknya. Jangan didihkan. Tarik dari api, biarkan dingin secara alami, selama satu jam, sambil sesekali diaduk-aduk, agar tidak terbentuk lapisan di permukaannya.
  3. Sementara itu, parut 1 jeruk utuh, untuk mendapatkan kulitnya, peras 3 jeruk, untuk ambil airnya (sekitar 35 cl).
  4. Kocok thick cream hingga kental, masukkan dalam kulkas. Pada saat adonan telur sudah dingin, masukkan parutan kulit jeruk dan jus jeruk, aduk rata.
  5. Masukkan adonan dalam freezer dalam wadah tanpa tutup, selama 1 sampai 2 jam, sampai pinggirnya beku. Masukkan dalam mangkok, kocok dengan garpu atau dengan mixer. Masukkan thick cream. Letakkan dalam wadah tertutup, masukkan dalam freezer, dinginkan selama 2 sampai 3 jam, hingga beku semuanya. Hidangkan dengan potongan jeruk yang dipotong seperempat.