Sunday, June 10, 2007

HARICOTS VERTS SAUS TOMAT



Bahan utamanya adalah Haricot Verts, aduh bahasa Indonesianya apa ya, tapi pokoknya kacang panjang ijonya eropa deh...hehe. Resep saya ambil dari Marabout Légumes Faciles; terbitan tahun 2004. Saya beli bukunya emang karena saya gak doyan sayur, jadi pengen aja termotifkan untuk masak sayur yang enak biar paling enggak makan sayurlah judulnya. Kali aja bisa dapet ide yang banyaaaak banget dari situ..hehe... Resep udah saya modifikasi sedikit dari aslinya. Bisa dimakan sama keju feta, sesuai resep aslinya, tapi saya gak punya. Warnanya agak gelap, karena pengaruh wine dan vinaigre balsamiquenya.

Bahan:
  • 1 sdm minyak olive
  • 1 bawang bombay iris
  • 2 siung bawang putih dihancurkan
  • 1 sdm daun oregano kering
  • 125 ml wine merah
  • 200 ml tomat pasta
  • 250 g haricot verts (kacang panjang eropa)
  • 1 sdm vinaigre balsamique (wah..in bahasa indonesianya apa ya, cuka balsam, warnanya hitam)
  • Garam secukupnya

Cara:
  1. Panaskan minyak dalam penggorengan, dan tumis bawang bombay selama 3 sampai 5 menit dengan api sedang.
  2. Masukan bawang putih, dan origano, biarkan masak hingga 1 menit, kemudian tuangkan wine merahnya. Biarkan masak hingga 3 menit.
  3. Masukan tomat pasta, biarkan masak hingga 10 menit. Masukan haricot verts, dan tutup penggorengan, masak hingga 10 menit.
  4. Tambahkan vinaigre balsamique, berikan garam sedikit.
  5. Hidangkan