Sunday, June 10, 2007

KARI BEBEK LAOS



Ini resep masakan Laos, yang resepnya saya ambil dari buku Traditional Recipes of Laos oleh Phia Sing (Prospect Books, 2000). Semenjak makan di restoran Laos di Paris (13è), saya benar-benar kepincut sama masakan Laos yang asli pedeeeesss banget. Rasanya mirip dengan masakah Thai, tapi beda-beda dikit sih. Gak tau bedanya dimana, tapi ya begitulah (Loh?? Gak menyelesaikan masalah!).

Buku resep ini lucu, karena tidak ada takaran pastinya, dan gak ada foto-fotonya. Katanya sih resep-resep masakan Asteng yang enak-enak, ya diturunkan turun-menurun dari mulut ke mulut, dan rata-rata pakai "feeling", sesuai selera, gak pakai gram-graman. Si pengarangnya, Phia Sing, adalah juru masak dari istana Luang Prabang di Laos, pada abad 19, jadi resep masakannya antik banget nih. Resep-resep di dalam buku ini benar-benar dibuat sedemikian rupa, sesuai dari tulisan aslinya, kadang bahasanya jadi aneh juga, dan banyak menjelaskan cara-cara dari awal banget, seperti misalnya: kelapa, buka, kerik, parut, bagi menjadi dua cairan dst. Yang di bawah ini saya bikin versi French Cooking Style... cie cie...(maksudnya disesuaikan dengan bahan-bahan dan si juru masak yang tinggal di Perancis, yang pemalas berat; gak mau repot/susah, dan bahan-bahannya yang tinggal beli jadi aja, santan yang kalengan, bebeknya juga yang gak usah dikejar-kejar dulu buat digorok belakangannya).

Jadi ya sebetulnya resep yang saya posting ini, untuk ide masak aja, silahkan disesuaikan dengan selera masing-masing). Oke, ini dia resepnya.

Bahan:
  • 1 ekor bebek, cabut bulunya (!!!), buang isinya (??!!), halah.. sudahlah.. pokoknya gitu..hehehe.. Kalau saya cuman pakai satu paha atas bawah bebek (menu untuk orang yang sedang diet dan boke tea..hehehe). Bebek dicuci, dipotong-potong dan diberi garam.
  • 1 bawang bombay, iris tipis
  • 400 gr santan (terserah kentel atau cair), si pengarang pakai kelapa asli.
  • 1 sdt bubuk kare
  • 1 sdm mentega
  • 3 buah kentang, kupas, rendam, cuci, potong sesuai selera
  • 1 sdt (atau sesuai dengan selera) pasta cabai merah
  • garam
  • kecap ikan
  • irisan daun ketumbar
  • merica hitam bubuk
  • sekaleng pasta tomat (saya gak punya, jadi saya pakai 3 buah tomat yang diblender)

Cara:
  1. Taruh bebek dalam wajan diatas api. Bulak balik sampai wangi baunya.
  2. Tambahkan saus ikan, bila kebanyakan, bisa ditambahkan lemak bebeknya, kemudian matikan api, sisihkan.
  3. Panaskan mentega dalam wajan, masukan bawang, goreng sampai matang.
  4. Masukan tomat dan bubuk kari, aduk sampai baunya wangi.
  5. Masukan santan.
  6. Aduk hingga semua rata, matikan api.
  7. Panaskan bebek tadi, masukan saus santannya.Tutup panci, biarkan sampai bebek matang, kemudian masukan kentang dan pasta cabenya.
  8. Biarkan sampai kentang masak.
  9. Hidangkan dengan taburan daun ketumbar dan merica hitam.

Catatan:

  1. Wah.. saya kelupaan motong-motong bebeknya, jadinya masih utuh bentuknya..heheh.
  2. Laen kali, mau pakai irisan filet bebek aja deh, lebih praktis dan memangkas waktu persiapan!
  3. Saya jadi mikir-mikir, berhubung bukunya gak ada fotonya, apa bener ini muka makanannya seperti ini ya? Hehehehe...
  4. Kapan ya, saya bisa nyampe ke Laos, punya pengalaman pariwisatanya yang belom terjamah sama dunia komersialisasi?