Friday, June 29, 2007

KETAN KUNING TABUR KELAPA


Ini resep dapet dari net, udah lama banget, saya lupa, ini ambil dari mana. Untuk yang ngerasa punya resep dan kebetulan liat blog saya, maaf ya, kalau saya tidak mencantumkan nama anda di sini. Tapi resep ini mantap banget lah... Resep yang saya tampilkan gak saya modifikasi. Tapi pada prakteknya sih saya sesuaikan dengan bahan-bahan yang ada pada saya, seperti penggunaan bubuk-bubuk, dibandingkan dengan barang utuhnya juga jumlah takarannya.

Bahan:
  • 250 gr beras ketan putih
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 5 cm kunyit, parut (saya pakai bubuk kunyit)
  • 250 santan dari 1/2 butir kelapa (saya pakai santan cair kalengan)
  • 2 lembar daun pandan
  • 2 lembar daun salam
  • 1/2 sdt garam

Taburan:
  • 1/2 butir kelapa setengah tua, kupas, parut memanjang, sangrai (saya pakai parutan kelapa kering yang dijual di supermarket, untuk buat kue).
  • 1 sdm minyak goreng
  • 50 gram udang ebi, rendam, tiriskan, sangrai dan cincang kasar (saya malah masukin ebi utuh, tanpa direndam atau dicincang segala)
  • 1 sdm gula merah sisir
  • 1 sdt garam
  • 1.2 sdt merica bubuk
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 lembar daun salam
  • 10 butir bawang merah, iris dan goreng (saya gak pakai)
  • 8 siung bawang putih, iris, goreng
  • 2 cabe merah besar, iris serong (saya pakai pasta sambal)

Cara membuat:
  1. Beras ketan rendam dalam air bersama air jeruk nipis dan kunyit selama sejam, tiriskan, kukus selama 15 menit, angkat.
  2. Masak santan bersama daun pandan, salam dan garam, setelah mendidih masukkan ketan yang telah dikukus dan masak hingga menjadi nasi ketan aron, angkat dan kukus hingga matang, angkat.
  3. Taburan: panaskan minyak goreng, masukkan ebi, gula merah, garam, daun jeruk, salam dan kelapa sangrai, aduk rata, masak hingga daun jeruk dan salam layu, tambahkan bawang goreng dan bawang putih goreng, aduk rata, angkat.
  4. Nasi ketan kuning selagi panas cetak dengan menggunakan mangkuk kecil, taruh di pinggan dan beri taburan kelapa diatasnya.

Untuk 6 orang.