Friday, June 29, 2007

SATE SAPI A LA THAÏ


Resep diambil dari Home Style Thai Cooking, (Periplus, 2005) dan harusnya pakai daging babi, saya ganti aja dengan daging sapi. Seperti biasa, tidak saya tampilkan takaran-takarannya, karena takut dituduh njiplak, dan sudah saya modif sedikit sesuai denganbahan yang bisa saya temukan di tempat tinggal saya.

Bahan:
  • Daging sapi, dipotong kecil-kecil, tapi jangan terlalu kecil, karena nanti buat ditusukin ke tusukan sate
  • Tusukan Sate dari bambu, yang di rendam dalam air, selama sejam (agar tidak mudah gosong ketika di bakar)

Bumbu Perendam:
  • bubuk bawang putih
  • bubuk ketumbar
  • merica
  • gula
  • santan kental
  • kecap ikan
Untuk Sausnya:
  • Kecap ikan
  • Air Jeruk Nipis
  • Gula
  • Cabai yang diiris tipis-tipis (saya pakai pasta cabe)
  • bubuk bawang putih
  • irisan tipis bawang merah
  • daun ketumbar
  • Ciboulette (bahasa indonesianya apa ya, bahasa inggrisnya Chives deh pokoknya)
Cara:
  1. Rendam daging dalam bumbu rendaman, aduk rata, biarkan semalaman.
  2. Campur bahan saus dalam mangkok.
  3. Tusukkan daging ke dalam tusukan sate, kemudian bakar dengan kuali bakaran atau dimasukkan ke dalam oven sampai matang (ditungguin!).
  4. Sajikan dengan cara menuangkan saus di atasnya.