Sunday, June 24, 2007

SAYUR PEPAYA MUDA



Setelah bosen dengan masakan Thailand, balik ke basic nih, masakan Indonesia dong (tapi kali besok mo coba Thailand lagi..hehee). Ada sisa pepaya muda di lemari es, trus si mas gorilla maunya minta dibikinin sayur pepaya muda favoritnya. Ide resep saya dapet dari net, tapi saya lupa ya, ini sumbernya dari mana. Soalnya saya print dari net, udah lama banget, jadi ya maaf ya, kalau saya tidak cantumkan sumbernya. Bahan-bahan yang saya pakai, yang ada di lemari es saja, bangsa kacang panjang maupun petai, saya gak pakai karena gak punya. Gula yang harusnya dituangkan sedikit, saya gak pake juga, karena lagi gak doyan manis.

Resep ini jadi andalan saya banget, karena rasanya yang enak. Takaran yang saya berikan di bawah ini, sudah saya ganti-ganti disesuaikan dengan keadaan di sini lah yaw (untuk 2 orang). Resep ini gampang banget direalisasikan, makanya jadi andalan :)). Dan mertua pun pernah saya bikinin resep ini, mereka suka banget.

Waduh ngebayanginnya lagi kok rasanya laper lagi. Hehehe... abis tadi makannya pakai lontong, waks, seperti lebaran deh. Hiks.. kangen nyokap.

Bahan:
  • setengah bagian buah pepaya muda, diparut
  • 400 ml santan encer
  • 300 gr udang ukuran sedang, kupas (saya pakai yang sudah dibekukan, dan sudah setengah matang, praktis soalnya)
  • 1 cubitan kecil asam jawa
  • garam

Bumbu Halus:
  • 4 siung bawang merah (saya pakai bawang merah besar)
  • 3 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri bakar
  • 2 sdt cabai ulek
  • 1,5 sdt kencur
  • 2 lembar daun jeruk

Cara:
  1. Panaskan sedikit minyak goreng, tumis bumbu halus hingga matang.
  2. Masukan udang, masak sampai warnanya berubah (punya saya udangnya sudah setengah matang sih ya).
  3. Masukkan daun jeruk, pepaya muda.
  4. Tuangkan santan, tambahkan asam jawanya.
  5. Berikan garam sesuai selera.
  6. Hidangkan dengan ketupat/lontong dan bawang goreng.