Sunday, June 10, 2007

KUE COKLAT




Kue coklat ini mayan juga, mayan cepet bikinnya, tapi harus menyediakan waktu luang untuk bikin isiannya. Rasanya manisss sekali, saya sebetulnya kurang suka manis dan kurang suka kue coklat. Tapi penasaran banget sama resep Station gourmande (wah si mademoiselle ini jadi idola baru saya.. hehehe.. abis blognya top abis, selera musiknya juga mirip-mirip sama saya).


Resep gak dimodifikasi sebetulnya, tapi karena gak punya pasta kacang pistacio, yah, saya ganti dengan chocolate chips, biar ada hiasannya dikit maksudnya (padahal kalau udah cair, ya rasanya coklat-coklat juga... coklllllatttt!!! - jadi inget iklan wafer yang dibintangin Desta sama Ari Daging di TV dulu. Jadi kangen sama radio Prambors!).

Untuk yang gak berbahasa Perancis, ini saya terjemahkan saja ya...

Bahan:
150 g dark chocolate
40 g mentega
2 telur
30 g gula
30 g tepung
gula dan mentega untuk olesan ramequins/moule (tatakan keramik yang bawanya agak tebal)

Untuk coklat putih isiannya:
50 g coklat putih
4 g pasta pistacio (saya pake chocolate chips)

Cara:
  1. Sehari sebelumnya, kita bikin dulu coklat putih isiannya.
  2. Dengan cara au bain marie (di tim), lelehkan coklat putih (taruh coklat diatas pyrex, kemudian pyrex taruh diatas panci diatas api yang berisi air mendidih).
  3. Masukan pasta pistacionya, dan usahakan agar campuran merata (homogen). Saya tidak pakai pasta pistacio karena tidak punya, jadi yah, saya pakai chocolat chip, dengan cara seperti ini Free Image Hosting at www.ImageShack.us
  4. Masukan dalam cetakan silikon.
  5. Bekukan dalam freezer.
Jadinya seperti ini: Free Image Hosting at www.ImageShack.us

Esok harinya nih...
  1. Panaskan oven 240°C
  2. Oleskan mentega pada tatakan keramik secara merata, buang kelebihannya
  3. Bubuhkan gula pada tatakan keramik tersebut, buang kelebihannya
  4. Lelehkan mentega dengan dark chocolate, dengan cara au bain marie
  5. Mix telur dengan gula hingga volumenya dobel (naik) kemudian tambahkan tepung
  6. tambahkan adonan coklat, campur dengan rata.
  7. Masukan sedikit adonan kedalam tatakan keramik.
  8. Letakan coklat putih di tengah-tengahnya, kemudian tutup lagi dengan adonan coklat Free Image Hosting at www.ImageShack.us
  9. Panggang dalam oven selama 10 sampai 12 menit.
  10. Bila sudah matang, keluarkan dari keramiknya, dan bubuhkan sedikit tepung gula sebagai hiasan.
Waktu saya bikin adonan ini, saya dapet 3 potong kue dengan tatakan keramik saya yang diameternya 8 cm. Tapi isian coklatnya dapet 4 pakai cetakan silicone yang saya punya, diameter 4 cm.

Untuk foto-foto lengkapnya, silahkan lihat di:
sini.
Selamat mencoba...