Sunday, June 10, 2007

SALADE RESTAURANT SUKHO THAÎ PARIS



Di Paris, deket Plaza Place d'Italie, ada restaurant Thailand yang mantab banget enaknya, namanya SukhoThai. Waktu tahun lalu ke sana, penuh melulu, tuh restaurant mungil, gak ada tempat kosong. Tapi kayaknya rata-rata restaurant di Paris ya gitu ya, bisnis restaurant emang yang paling menjanjikan di sini. Specialnya restaurant ini, menurut sumber thailandku yang terpercaya, adalah restaurant ini cita rasanya asli Thailand, karena pekerja dan pemiliknya orang Thailand. Di Perancis, restaurant Jepang, Vietnam atau apalah, belum tentu pemiliknya orang asli sana, dan memang kadang-karang rasanya jadi aneh-aneh, alias jadi rancu sama masakan Cina. Kalau pemilik restauran adalah orang asli daerah tersebut, jadi agak-agak jaminan mutu deh.

Waktu itu, saya makan Salad Thailand buat hors d'oeuvre (hidangan pembuka). Saladnya wuenuakkkk banget. Saya apal-apalin ingredientsnya, biar bisa bikin sendiri di rumah. Nah ini hasilnya, tapi sepertinya ada satu bahan dalam hidangan salad, yang saya tidak tau, apa itu, makanya, rasanya masih kalah banget sama yang di restaurant.

Bahan (kira-kira aja ya takarin sendiri sesuai dengan hasrat):
  1. Daun Salada
  2. Mangga Muda (saya lagi gak punya, jadi saya pakai buah pepaya muda) diiris tipis2 (rapé gitu), atau iris julienne

Untuk Taburan (kalau saya, jumlahnya sedikit-sedikit saja)
  1. Bawang Merah mentah aja iris tipis2
  2. Daun Bawang, iris tipis
  3. Cumi Kering yang rasanya manis (beli di pecinan: Ladybird cuttle fish), iris juga
  4. Kacang Mede dikit aja, karena yg saya beli udah ada garamnya jadi asin banget ah
  5. Daun mint yg diiris
  6. Daun Koriander juga dipotong2 bow

Saus:
  1. Kecap Asin dan Saus (kecap) Ikan, jumlahnya dikit aja ya, ntar keasinan soalnya.
  2. Jeruk Nipis
Cara:

Semua bahan dicampur jadi satu.

Rasanya kayak nano-nano, manis, asem, asin dan minty. Bikin merem melek.
PS: Foto pertama adalah foto asli gimana rupa asli salad tersebut (sorry foto gak jelas.. malu2 sih motonya..hehehe). Yang kedua, adalah foto salad versi saya.