Sunday, June 10, 2007

BAKWAN JAGUNG PLUS UDANG


Ini resep awalnya saya ambil lebih dari setahun yang lalu.... apa sumbernya, saya lupa. Kalo gak dari NCC, ya dari Dapur Bunda. Kalau gak salah yang post resep bilang, sumbernya dari majalah Femina jaman dulu.

Bakwan Jagung ini jadi salah satu resep andalan saya, karena waktu ada piknik sama temen2 sekelas di Champ de Mars Eiffel, saya bawa bontotan ini, trus murid-murid mancanegara seperti Jepun, Brazil, Swedia, Amrik, pada nyoba-nyoba.Juga yang compatriot Indonesia gak berhenti-berhentinya nambah. Semuanya sepakat bilang:... wah.. ennuuuakkkk banget!!! Jadi GR deh saya, mayan, promosi makanan Indonesia dikit, daripada taunya cuman masakan Jepang, Thailand ama Cina aja.
Resep (saya modifikasi dikit):
  • 80 gr tepung beras
  • 2 sdm tepung terigu
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica
  • 1 kaldu blok kecil (saya gak pakai, saya ganti pakai sedikit minyak ikan dan juga cuka sedikit)
  • 1 potong daun bawang iris tipis (modifikasi saya aja, gak ada di resep asli)
  • 115 ml air (aslinya sih 125 ml.. tapi karena saya gak pake kaldu blog dan ganti dengan bahan-bahan cair lain, yah agak saya kurang-kurangin deh airnya)
  • 100 gr udang kupas potong 1 cm
  • 6 butir bawang merah, iris halus
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 325 gr jagung manis segar pipilan (2-3 jagung), kalau ini saya tumbuk kasar
  • 1 butir telur kocok (gak ada di resep asli tapi saya pakai untuk bahan perekat adonan)
  • Minyak Goreng untuk goreng deep fry (tenggelam dalam minyak lah pokoknya)
Cara :
  1. Campurkan tepung beras, terigu, garam, merica, dan kaldu blok (saya gak pakai).
  2. Tuangkan air, cuka, minyak ikan.
  3. Masukan udang, bawang merah putih, aduk rata
  4. Masukan jagung pipilan dan daun bawang iris, aduk .
  5. Masukan telur kocok, aduk adonan.
  6. Panaskan minyak goreng dalam wajan, masukkan 1 sdm penuh adonan jagung, masak hingga kunging keemasan. Angkat, tiriskan
  7. Sajikan panas-panas.