Sunday, July 1, 2007

Dapur suami # 2: CORNES DE GAZELLES



Setelah bosen dengan masakan Indochina, ceritanya mo ngerambah ke daratan Afrika Utara nih...hehehe.. Eng i eng...


Yang dikerahkan kali ini bukan tenaga sendiri, tapi tenaga suami... hehehe. Abis gimana, lagi pengen banget makan kue kering arab, tapi males bikinnya. Dan kalo beli di toko mayan mahal ya (soalnya kalau beli gak mau sedikit..hehehe). Kalo gak salah, bikin kue-kue arab itu emang rada bikin pusing juga, belom lagi bahan utamanya adalah bubuk almond, yang kalau di Perancis, lumayan mahal harganya. Padahal dulunya saya gak suka kalo kue ada bubuk almondnya, dan sebelnya, di Perancis banyak banget kue-kue yang pakai bubuk almond ini. Saya gak suka, karena rasanya bikin kepala pening, tapi gak tau kenapa, gara-gara makan kue-kue kering dari daratan Arab, ada beberapa kue yang bubuk almondnya gak terlalu kerasa, jadi saya suka banget.

Cari punya cari, ketemunya resep kue maroko ini. Konon masakan maroko adalah salah satu masakan terlezat di dunia... Kue-kuenya kok sepertinya emang repot bikinnya. Demi menyenangkan hati istrinya (dan juga untuk menyenangkan perutnya.. :P), dia nyoba deh tuh bikin, walaupun dia gak bikin sama banget... hahaha... Resep dapet dari sini, dan yang saya tulis di bawah ini kurang lebih terjemahannya, digabungkan dengan gimana suami saya bikinnya gimana.

CORNES DE GAZELLES
Bahan:
  • 500 gr bubuk biji almond
  • 250 gr gula pasir
  • 1/2 sdt bubuk pala
  • 2 sdm mentega leleh
  • 2 sdm air bunga jeruk (fleur d'oranger)
  • 300 gr tepung
  • 1/2 sdt garam
Kulit:
  1. Tuangkan tepung dan garam dalam mangkuk besar, dan buat lobang di tengahnya.
  2. Masukkan ke dalam lubang tersebut, 1 sdm air bunga jeruk, kemudian aduk dengan cara memasukkan tepung yang ada di pinggiran lobang ke dalamnya.
  3. Remas-remas adonan selama beberapa menit, sambil sedikit-sedikit ditambahkan air.
  4. Ambil sebagian dari adonan, ratakan dengan gilingan pâtisserie (rouleau pâtisserie), hingga tipis. Usahakan berbentuk persegi panjang. Lakukan hingga adonan habis, kemudian sisihkan.

Isi:
  1. Campur bubuk almond dengan pala, 1 sdm air bunga jeruk, gula dalam mangkuk, aduk hingga didapatkan adonan yang padat tapi agak flexible.
  2. Ambil sedikit adonan almond sebesar biji kacang, dan gulung dengan dua tangan (seperti main lilin waktu jaman TK), buat bentuk bulat lonjong (ini suami saya males bikin kecil-kecil, jadi dia bikin rada besar aja).

Perakitan kue:
  1. Ambil satu lembar adonan kulit, letakkan isi di tengah-tengahnya, kemudian bungkus adonan isi dengan kulitnya. Suami saya ngebungkusnya dengan cara ngegulung dari kiri ke kanan, seperti gulung croissant (duleile, gue kayak yang pernah bikin aja... ! :P). Adonan isi harusnya tidak lebih panjang daripada adonan kulitnya. Kemudian pencet ujung-ujungnya, sehingga tidak menganga bentuknya.
  2. Panaskan oven hingga 150°C.
  3. Bengkokkan gulungan panjang adonan di bagian tengahnya, sehingga bentuknya menyerupai tanduk.
  4. Letakkan adonan kue tersebut dalam suatu tatakan rata yang dibasahi dengan minyak
  5. Bakar kue dalam oven selama 10 sampai dengan 15 menit.
Merci mon ange!