Friday, August 24, 2007

Makan Nanas (Buah) Pakai Garam, Satu Lagi Yang Unik dari Bangsa Indonesia



Orang Indonesia lazim banget kan, makan nanas yang digaramin. Saya gak tau, alasan sebenarnya dibalik kebiasaan ini, tapi seingat saya, bapak saya pernah bilang, kalau makan nanas yang dikasih garam, rasa asam nanas jadi berkurang, sebaliknya garam membuat rasa manis nanas jadi keluar. Selain itu, menurut saya, garam membuat nanas menjadi legit atu gurih.

Tahun 2000, sebelum nenek saya jatoh sakit, saya sempet pulang ke kampungnya dia di bali. Dia masak makanan Bali, khusus buat aku dan kawan TKku di Leiden - Belanda, si Tobias, yang waktu itu lagi berkunjung ke bali (dan indonesia) untuk pertama kalinya. Sebagai buah, nenek menghidangkan nanas yang dipetik dari kebunnya. Udah gitu, dia kasih ke saya potongan-potongan nanas tersebut dihidangkan dengan cabai bali (tabia, namanya, kalau gak salah) yang diulek kasar dengan garam. Memang, "menu" buah begini lazim banget, tapi ampun deh, gak tau apa karena nanasnya kebun nenek manis banget, atau pisau kampungnya nenek yang meninggalkan jejak bumbu bali, rasanya nanas tersebut legit banget. Entah apa tangan nenek yang selalu bau bumbu bali (ehehe.. nyuci tangannya gak bersih kali ye?). Tapi kata orang-orang, nenekku itu emang jago masak. Saya sampai ngabisin setengah buah nanas itu deh tuh saking nagihnya. Si Tobias mah makan nanasnya aja, dia katanya gak bisa ngeliat orang makan buah pakai embel-embel lain.

Bahkan, orang Indonesia kan sering bikin rujak, yang membuat hampir semua buah jadi makin berasa gimana gitu, sedep banget deh. Dan seingat saya dulu, waktu kami kecil, saya dan kakak-kakak sering banget makan belimbing yang dipotong melintang, dikasih garem dan kecap. Beuh, itu kecap campur garem kan rasanya mantep banget! Malah kakakku yang nomor 3, yang ngajarin aku makan segala macem buah pake garam, dari anggur sampai salak. Tapi tuh anak anehnya sekarang udah anti banget makan buah pake garam. Katanya gak bagus buat kesehatan. Kalau adiknya mah tetep, kadang-kadang masih suka dibawa kebiasaan dari kecil tuh...

Beberapa malam yang lalu, kami diundang makan oleh teman kuliah mas gorilla dan pacarnya. Karena diundangnya pas weekdays, yah, mereka gak menyediakan dessert secara khusus. Mereka menghidangkan buah saja, katanya. Disuruh pilih, antara anggur dan nanas, suamiku pilih nanas. Katanya istrinya yang disuruh motong, soalnya istrinya tau banget gimana cara motong nanas cara Asia, unik banget deh katanya. Lah, saya lagi males, udah ngantuk banget tuh, pilih ngejorok di sofa ruang tamu mereka. Akhirnya suami ngalah, dia yang motong tuh nanas, cara asia (atau cara Indonesia nih?), yang motongnya miring-miring gitu, ngebuang mata nanas yang bikin gatel. Emang sih, dulu si Tobias waktu ke Indonesia juga bengong ngeliat kita motong nanas, katanya kok unik banget ya, dan hebat, tau bener gimana ngebuang mata nanas tanpa banyak ngebuang dagingnya.

ini dia si Tobias, teman TK saya di Leiden, waktu dia berkunjung ke Indonesia

Nah, ketika nanas dihidangkan di atas meja, saya sibuk menggarami piring saya dengan garam. Ced, teman suami, ngomong "Euh...ça va pas, non?" (wah ini bahasa indonesianya apa ya?, kira-kira: "woi.. waras gak sih loh?").

Mungkin dia berkata seperti itu melihat banyaknya wine yang saya teguk sepanjang malam (padahal sih cuman segelas juga deh), dipikirnya saya udah mabok (which is emang rada iya, tipsy). Trus suami saya, ikut-ikutan ngegaramin piringnya (kalau dia sih diletakin di pojokan aja, gak sebar garam kayak saya). Trus dia bilang gini ke Ced, "Eh, emang kalo di Indonesia, makan nanas atau buah, pake garam. Cobain deh! Enak banget!" Si Ced bengong, tapi ikutan juga akhirnya. abis itu dia cocolin potongan nanas ke garam, dan hap..... nyam nyam nyam. Dia langsung suka!!!! Dia bilang, "Wow!!! Le sel fait sortir le goût de l'ananas!" (wow.. garemnya bikin keluar rasa nanasnya). Ced dan pacarnya gak berhentinya nambah, juga suamiku. Anyway, saya langsung bangga banget dan berkali-kali ngomong, "Di Indonesia ini lazim banget.." Kalo dipikir-pikir, gue kampungan amat ya, ngebangga-banggain negara sendiri banget.. hehehe.

Yah begitulah.. (at least) i have done my good deed of the day for my country, promoting, introducing Indonesia and its various habits, i feel soo happy (and proud)!

Ps: foto di atas sih, nanasnya beli kalengan, hehe. Lagi males aja ngupas dan ngulek, pokoknya udah gatel pengen makan nanas pake garem dan cabai.