Saturday, October 27, 2007

Kare Mie


Saya lagi kepengen banget bikin mie yang agak nyentrik. Pilihan jatoh kepada resep mie thailand yang disebutkan di buku resep masakan Thai. Tapi kok banyak yang saya gak punya bahan-bahannya. Yah jadi saya harus putar otak, untuk masak. Saya gak tau apakah ini masih bisa disebut mie thailand, karena perubahan yang saya lakukan sangat banyak. Menu untuk 2 orang.


Bahan:

  • 3 siung besar bawang merah, iris tipis-tipis
  • 2 siung bawang putih, geprak
  • 200 gr mie basah
  • 1 sdm cabai ulek (atau cabai secukupnya, potong-potong).
  • 1,5 bubuk kunyit (cucurma)
  • 2 lembar fillet ayam
  • 1 sdm kecap ikan
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • 1 sdt gula jawa bubuk
  • 250 ml santan
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • daun ketumbar dan bawang goreng untuk taburan
Cara:
  1. Rebus mie hingga matang, angkat, tiriskan.
  2. Tumis cabai dan bawang-bawang hingga matang atau berubah warna.
  3. Masukkan bubuk kukurma dan ketumbar, aduk. Masukkan ayam, kecap ikan, gula jawa, santan, air jeruk nipis, aduk hingga rata, masak dengan api kecil, tapi jangan sampai mendidih.
  4. Matikan api, masukkan mie, aduk rata.
  5. Hidangkan dengan bawang goreng dan daun ketumbar.