Saturday, October 20, 2007

Rawon, makanan khas Indonesia

Sekarang saya punya kebiasaan baru. Saya berusaha memperkenalkan makanan Indonesia kepada orang-orang asing yang senang sekali mencoba makanan baru dan eksotis. Ini sebagai komitmen saya memperkenalkan makanan Indonesia ke seluruh dunia, karena bete, banyak sekali makanan Indonesia yang diaku negara lain sebagai makanannya. Nah, selama minggu kemaren, dua kali berturut-turut, saya mempersembahkan rawon sebagai makanan perkenalan. Kenapa saya pilih rawon, alasannya simple, karena rawon ada kluweknya, yang bener-bener khas Indonesia. Konon, negara tetangga aja gak pernah pakai kluwek sebagai bahan makanan mereka. Kalo gak salah, rawon kan makanan Jawa Timur (kata mas wiki sih surakarta ada juga rawon), tapi biasanya orang-orang ya taunya, rawon dan broncos yang menggunakan kluwek, adalah makanan Jawa. Yang kedua mengapa saya pilih rawon, adalah karenarawon tuh warnanya item, gak biasa banget deh pokoknya.

Yang pertama jadi korban saya, cowok Belgia, pacarnya temen. Kalo ini sih saya bawain rantangan aja, porsi kecil, maklum lagi bokek. hehehe. Yang kedua, adalah dua cewek muda asal Denmark, tetangganya si Dewi. Mereka katanya penasaran banget sama makanan Indonesia. Korban yang sempurna! Konon, mereka sangat menantikan acara makan bersama kita ini, dan mereka udah ngomongin ke banyak orang yang mereka kenal, kalau mereka bakal makan makanan Indonesia.

Jadilah hari jumat kemaren, saya ke rumah mereka dan ke rumah Dewi, masak. Saya yang bawa bumbu-bumbu eksotisnya, ya abis si dewi gak punya, jadi ya udah, gue bagi deh punya gue.. haha. Si iben, salah satu dari mereka, kaget, setelah saya kasih tau, bahwa makanan yang saya masak, bakal hitam warnanya. Ini saya kasih tau biar gak jadi surprise juga, pas ditaroh di meja makan kok tau-tau warnanya tidak menggairahkan.

Masak rawon tuh cepet, apalagi bumbu-bumbunya juga bubuk-bubuk, udah gitu saya udah nyiapin klueweknya sehari sebelumnya. Sengaja gak saya bikin pedes, karena takut mereka gak suka. Begitu jadi, dihidangkan di meja, mereka langsung napsu banget pengen nyiduk itu rawon. Mereka tanya, bau rawon yang khas itu dibuat dari mana, wah .. saya bingung deh jawabnya gimana. Karena tau sendiri kan, masakan Indonesia bumbunya banyak banget.

Mulai deh mereka makan... WAaaahhhh.. senangnya! Ternyata mereka suka, gitu juga si Dewi yang orang Indonesia. Rasanya bukan saya keGRan sih, tapi saya merasakan kemenangan bagi bangsa Indonesia. Kalau masakan bangsa kita disukai orang asing, rasanya saya lega karena udah ngebantuin memperkenalkan kekayaan bangsa ini kepada orang lain. Heppy deh, ngeliat semua orang pada nambah, sampe agak-agak rebutan gitu sih.. haha.

Dan menurut saya, rawon yang saya bikin ini adalah rawon yagn terenak yang pernah saya bikin. Padahal saya gak pakai lengkuas, terasinya aja masukin baru belakangan karena kelupaan. Tapi saya tau, kenapa. Soalnya, bumbu-bumbu dasarnya gue banyakin (euh..ini agak-agak rahasia gue ..hehehe-bumbu yang mana, gue gak mau bilang ah), dan pula, bumbu utamanya, kluwek, saya pakai lebih banyak daripada biasanya, jadi warnanya lebih hitam. Biasanya saya bikin cuman berdua sama suami kan, dan hemat-hemat gitu, pakai kluweknya cuman satu, biar gak boros. Tapi hasilnya rada mengecewakan: kalah lawan warna kunyit! Rawonnya sering jadi agak kuning coba. Payah deh...

The Happy Rawon Eaters