Monday, October 1, 2007

Tom Yam Goong à la sparklingcosmic


Yup.. somewhere over the rainbow God bless Thailand..hehehe.. karena mereka menciptakan makanan sup yang super enak ini. Hmmm.. terlepas nih, apakah Tom Yam Goong asli dari Thai, atau dari negara Indo China lainnya, karena setau saya, soup macam ini tidak hanya ada di Thai, tapi juga di negara tetangganya. Tapi karena Thai yang mempopulerkannya, bisa jadi ya, asal sup ini dari Thai. Eits... apakah Malaysia yang mengaku mempopulerkan batik dan angklung, dan juga lagu manise (eits.. panas!!), bisa memproklamirkan bahwa mereka adalah pencipta itu semua?.. hmmm.... Ya wis.. orang boleh ngeklaim macem-macem. Tapi biarkan ilmu antropologi dan sejarah yang bicara yaa. Ngomong-ngomong tempeh dan broncos itu asli jawa loh..hehe.. orang jepang jangan coba-coba ngeklaim tempeh loh ya!

Begini kira-kira resep tom yam goong bikinan saya malam ini:
  • 400 grm udang ukuran sedang (yang saya punya udah dikupas, direbus dan udah beku dari tokonya, saran saya, kalau anda pakai udang yang belum dikupas, biarkan masak utuh, tapi kalau gak suka, ya kupas kulitnya).
  • 4 siung bawang merah, haluskan
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 2 sdm sereh bubuk (saya pakai sereh asli yang saya hancurkan, kemudian saya bekukan di freezer)
  • 1 sdt atau sesuka hati, bubuk cabai kering
  • 1 sdt terasi
  • 1,5 sdt galanga (laos)
  • 2 lembar daun jeruk
  • jus lemon dari seperempat buah lemon
  • 600 ml air
  • 300 grm jamur kancing, potong melintang, tebal
  • saus/kecap ikan secukupnya
  • minyak goreng secukupnya
  • garam secukupnya


Cara:
  1. panaskan minyak goreng
  2. masukkan bawang, sereh, galanga, daun jeruk, terasi. Aduk rata, sampai wangi.
  3. Masukkan jamur dan udang dan cabai bubuk, masak hingga udang sedikit matang.
  4. tambahkan kecap ikan, aduk rata
  5. tambahkan air
  6. biarkan masak dengan api kecil, aduk terus, jaga agar jangan sampai mendidih hingga sup tidak menjadi berbusa.
  7. masukkan jus lemon dan garam secukupnya (tambahkan merica bila dirasa perlu)
  8. Hidangkan panas (bisa tambahkan potongan daun koriander)
Nah, ternyata, tom yam yang melenceng dari jalur ini benar-benar berasa nikmat. Tau sendiri deh, apa maksud kalimat pembuka saya di atas... sama seperti kata saya dulu-dulu.. Tuhan memberkati Jepang karena sushinya, dan juga perancis karena foie grasnya. Oh yea!

Ngomong-ngomong, Tom Yam Goong kok seperti daging asem atau sayur asem kita ya... cuman sayur asem emang rada anyep ya rasanya, hehe.