Thursday, December 20, 2007

Telur Dadar Jepang

telur dadar jepang, emang mantep. Rasanya sedikit manis dan gurih. Maaf kali ini saya gak pakai foto, karena emang waktu itu gak sempet difoto, udah keburu dipakai buat isi sushi..hehe.Telur dadar ini emang bisa dipakai untuk isinya sushi, tapi bisa juga dimakan biasa.

Untuk pembuatan telur dadar ini, biasanya dipakai penggorengan telor dadar jepang yang kotak. Bisa ditemukan di china town, kalau anda tinggal di eropa. Eh.. saya sih belinya di china town Paris, saya pikir pasti ada lah di tiap negara.

Resep, saya modifikasi sedikit dari Marabout Chef, Sushis et Companie.

Ngomong-ngomong, kalau mau tau gimana bentuk penggorengan telor orang jepang, bisa dilihat di sini, juga ada teknik-teknik bikin telor (dashi maki tamago) yang laen. Menabjubkan.


  • 4 butir telur
  • 1 sdt bubuk hondashi
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdm mirin
  • 1 sdt kecap asin jepang
  • minyak untuk menggoreng (saya pakai olive)

    1. campur telur, dashi, gula, mirin kecap dalam mangkok besar. Kocok hingga gula larut.
    2. Oleskan penggorengan dengan minyak, masukkan satu sendok adonan, secara merata ke seluruh penggorengan.
    3. Dengan api kecil, masak hingga bagian bawah telur matang, kemudian dengan bantuan sumpit, gulung telur dari arah pinggir luar ke arah dalam, lipat tiga kali.