Thursday, January 3, 2008

Rillettes Angsa


Ilmu baru dari kemaren liburan natal. Saya udah sering makan rillettes, tapi baru tau kalau dia adalah makanan khas daerah sekitaran Le Mans (Sarthe) Perancis. Rillette adalah makanan yang berupa daging yang hancurkan akibat dimasak dengan waktu yang sangat lama, hingga meleleh. Daging untuk rillettes, bisa dari daging angsa, bebek, kelinci, dan babi. Yang pernah saya coba, ya rillette angsa dan bebek.

Saya tadinya gak terlalu suka dengan rillettes ini, karena bawaannya males aja gitu loh, berlemak banget, dan kecuali dalam bentuk foie grass atau magret de canard, saya merasa bahwa bebek atau angsa memiliki rasa yang terlalu tajam dan rada amis.

Tapi ternyata, kalau lagi laper, apa juga enak, dan rillettes ini makanan pengganjel yang mantap banget, hehe. Rasanya seperti kornet, tapi jauh lebih enak (orang-orang Sarthe atau Sarthois pada bete kalau saya bilang mirip kornet..haha), dan cocok untuk dimakan berasama dengan roti atau baguette.

Pembuatan Rillettes ini konon lama banget, lebih lama daripada bikin rendang kali ya. Daging angsa, dimasak dengan lemak, hingga menjadi meleleh atau hancur, dan masaknya ini yang bikin lama, sekitar 9 jam. Karena kalau belum hancur, namanya belom rillettes, tapi confit de canard.

Yang aneh, sarthois asli, biasanya demen anget makan baguette yang diolesi dengan rilletes ini, dengan cara dicelupkan ke susu coklat... eeeewwwwww..... gak kebayang, rasa amis campur susu coklat.. hahaha. Konon Sarthois juga lah yang demen makan spagetti pakai selai buah... accckkkkkkk... ini mah kelainan jiwa!!!