Wednesday, March 12, 2008

Nasi+Sup+Salad+Korea = Enaaak! (DoenJang Chigae)



Gak tau ini nama masakannya apa. Untuk keterangan dan jumlah bahan, coba klik di sini. Sup ini praktis buat saya yang gak terlalu suka makan sayur (apalagi timun). Emang masakan Korea atau Jepang memberikan alternative lain untuk makan sayur dengan gaya..hehe.


Bahan:

Sup:
  • Bawang bombay, potong-potong
  • Kentang potong-potong
  • Zuccini, potong memanjang
  • Cabai besar (karena gak suka, maka saya pakai cabai hijau kecil, biar pedes)
  • bawang putih
  • teri, buang kepalanya (kalau saya pakai teri kecil-kecil, jadi gak dibuang kepalanya, banyak bo..hehe).
  • udang ukuran sedang yang dikupas (saya gak pakai, bukan karena gak punya, males ngupas emang, hehe).
  • Korean soy bean paste
  • Daun bawang, iris tipis (saya pakai daun poireau)
  • Air
  • Tahu yang dipotong kotak-kotak (dadu)

Untuk Salad, campur:
  • Batavia
  • Ketimun, potong tipis
  • Bawang bombay potong tipis
  • Daun Bawang yang diiris tipis
  • minyak wijen
  • biji wijen
Saus Salad:
  • Kecap Asin Kikoman
  • Bubuk Paprika (saya pakai bubuk cabai).

Bahan Lain:
  • Nasi
  • Korean Hot Paste

Cara:
  1. Kecuali tahu dan daun bawang bombay, rebus semua bahan sup dalam panci, hingga kentang matang. Masukkan tahu dan daun bawang.
  2. Campur bahan salad dalam mangkok besar, kemudian tuangkan bahan saus salad kedalamnya.
  3. Dalam piring cekung, letakkan nasi. Tuangkan Salad diatasnya, isi sup (tanpa kuahnya), dan pasta cabai. Aduk rata.
  4. Selamat menikmati.


Salade Saus Wijen