Saturday, March 15, 2008

Otak-Otak


Akhirnya, saya bikin otak-otak juga! Tapi dasar otak udang, udah lagi setengah bikin, ternyata baru nyadar kalau gak punya tepung tapioca. Walhasil lari-lari deh tuh ke warung afrika, udah lama gak ke sana, taunya kok kosong melompong ini toko. Aneh, padahal toko ini dulunya lumayan lengkap dan besar. Yang dicari gak ada, lari lah saya ke arah toko afrika yang satunya lagi. Barang-barang di toko ini jadi lebih lengkap daripada toko pertama, tapi mereka juga gak punya tuh, barang yang gue cari. Larilah gue ke warung Perancis langganan gue. Eh gak ada. Lari lah gue ke warung Perancis saingannya. ADA!!!! Girang dah gue. Tapi gue gak berharap banyak, soalnya tepung tapioca di sini gak halus kayak di Asia, tapi butirannya besar-besar, dan ini bisa mempengaruhi bentuk otak-otak itu sendiri.

Ngomong-ngomong, ikan yang saya pakai adalah ikan mackarell, atau maquereau. Saya pernah baca di kamus Indonesia-Perancis, kalau ikan tenggiri itu terjemahannya adalah maquereau itu. Dan hasil akhirnya (rasa) ya mirip sih, emang sama otak-otak di Indonesia.

Bahan:
  • 3 ikan tenggiri ukuran sedang, buang isi perut dan kepala, kulitnya juga, dan haluskan.
  • 2 sdm santan bubuk
  • 2 putih telur

Haluskan:
  • 2 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • gula (optional)
  • garam
  • merica
  • 1 sdm daun bawang

Cara:
  1. campur semua bahan
  2. Dalam secarik daun pisang, letakan satu sendok teh adonan, memanjang.
  3. Bungkus (saya pencet-pencet biar merata permukannya).
  4. Ujung-ujungnya ditutup dengan lidi (saya gak pakai, soalnya gak punya dan udah cukup nutup.
  5. Bakar di penggorengan khusus bakar daging klik di sini untuk lihat gambar. Hingga matang (apinya kecil aja sih kalau saya).
  6. Hidangkan dengan sambal kacang (saya pakai sambal kacang pemuda yang beli jadi di Koperasi KBRI).