Monday, March 17, 2008

Salad Teri dan Jantung Pisang

Pengen banget ngegunain jantung pisang kalengan yang saya punya sejak lama (yoi, emang demen nyetok makanan, hehe). Akhirnya dapet ide dari buku resep 250 Recettes Thailandaises, Salad, yang pakai bahan ini. Tapi saya tambahin teri yang juga harus segera digunakan, kalau gak mau kelewat batas tanggal kadaluarsa, dan juga metode saya rombak, dan tentu saja takaran saya sesuaikan dengan kemauan independent saya sendiri (walah!).

Di resep asli, jantung pisang yang dipakai bukan kalengan. Kacang yang dipakai bukan kacang mede, melainkan kacang tanah (saya gak punya). Kemudian bawang-bawangan diiris tipis, pakai santan cair, dan kelapa parut disangrai tersendiri. Gula pasir ditaburkan pada tahap akhir. Itu semua, tidak saya lakukan, namun saya melakukannya sebagai berikut:

Bahan:
  • 2 kaleng jantung pisang (280gr), buang airnya, potong bagian tengah dari bunga pisang (menyerupai sumbunya). Potong memanjang (harusnya bisa dipotong lebih tipis ya, tapi saya udah keburu laper dan males). Taburi sari jeruk nipis di seluruh permukaannya.
  • 2 cabai merah, iris tipis-tipis
  • 1 genggam ebi kering, rendam dengan air panas, tiriskan
  • 1 genggam kacang mede goreng (tanpa garam)
  • 70 gr teri kecil (Medan kali ye)
  • 3 sdm kelapa parut (kering)
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdm saus ikan
  • 1 buah sari jeruk nipis (atau sesuka hati, karena ada orang yang suka asam, ada yang nggak)
  • air secukupnya (kira-kira 200 ml)


Haluskan kemudian goreng tanpa minyak:
  • 3 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 1 siung oignon blanc (gak ada di resep asli, iseng aja ditambahin karena ada surplus)

Cara:
  1. dalam mangkok besar, masukkan semua bahan, kecuali kelapa parut, teri, air dan gula.
  2. Sangrai teri, gula dan kelapa parut, hingga semuanya berwarna kecoklatan. Tambahkan air, masak hingga air kering. Angkat dari api, biarkan asapnya hilang.
  3. Masukkan teri ke dalam mangkok berisi bahan lainnya. Aduk rata.
  4. Hidangkan dengan nasi.