Saturday, April 12, 2008

Le Pays du Tempeh: Tempeh Fait Maison (Bangsa Tempe)





_________________
Saya bangga banget, Indonesia punya yang namanya Tempe. Tempe dikenal sebagai makanan bergizi dengan khasiat yang jauh lebih baik daripada tahu. Untuk kenapa-kepananya, coba cari aja sendiri ya, di net.

Kapan hari, saya bikin tempe, dengan menggunakan ragi tempe yang saya dapat di www.tempeh.info. Berhasil loh, tapi pas keduakalinya saya coba bikin, eh malah tempenya basi bau tengik gitu. Keliatan ada jamur lain yang tumbuh.. sedih deh, padahal bikin tempe bukannya susah sih, cuman butuh kesabaran buat ngupasnya.. hiks... Tauk deh tuh, salah di bagian mana :( Mungkin karena saya merendam kedelainya terlalu lama, atau mungkin karena kantong plastik saya basah di dalamnya.

Untuk pembuatan tempe, pemesan ragi silahkan lihat di sini atau di sini. Karena udara di luar dingin, saya meletakkan tempe di dalam kardus, dengan rak besi agar ada sirkulasi udara, dan kotak saya letakkan dekat pemanas ruangan. Untuk kantongnya, saya gunakan kantong plastik ziploc untuk membuat tempe.

Abis itu, saya bikin mendoan deh, hehe. Sayang, saya tidak terlalu suka mendoan ya, bukannya apa-apa, karena kadang tempenya kan belom mateng bener, jadinya rada aneh deh. Tapi enak juga kok.. Terimakasih alm. Bunda Inong...