Sunday, June 10, 2007

GANGAN UDANGNYA MBAK WIENDA






Resep asli dari sesepuh masak, mbak wienda
. Saya bikin versi pemalasnya, yang semuanya pake bubuk-bubuk aja. Hehe. Hasilnya enak juga, mungkin gak seenak versi mbak, tapi mayanlah daripada gak ada.

Bahan:
  • 500 gr pak udang besar, yang saya beli di supermarket (yang masih ada sungutnya, dijual di rayon ikan segar, tapi ini juga yang udah direbus gitu, jadi warnanya merah/orange. Beda sama punya mbak, saya kupas kulit udangnya (abis dulu trauma pernah keselek sampe berhari-hari nyangkut tuh kulit di tenggorokan)
  • 2 sdm mentega
  • 1,5 sdt ketumbar
  • 1,5 sdt kunyit bubuk
  • 1,5 sdt jahe bubuk
  • 1,5 sdt serai bubuk
  • 400 ml santan kalengan (saya pakai merek Leader Price beli di FranPrix, supermarket deket rumah..hehe.. kental dan hasil akhirnya harum banget. Hanya 17% bahan lemaknya...gak tinggilah, mayan buat kesehatan)
  • 2 tomat cincang (doyan asem dan cuman saya potong kasar aja, soalnya males nyincang.. basah..hehehe)


Bumbu yg dihaluskan:
  • 5 bawang merah
  • 1 bawang putih
  • 1 ruas jari lengkuas
  • 1 cabai keriting
  • 1 cabai rawit

Cara:
  1. Kupas udang.
  2. Panaskan mentega, tumis bumbu halus, kunyit, jahe, ketumbar, serai bubuk hingga berubah warna dan harum baunya.
  3. Tuangi santan dan masukan tomat cincang segera.
  4. Masak dengan api kecil, sampai tomatnya ancur.
  5. Masukan udang. Masak udang jangan lama-lama, nanti udangnya keras.
Maaf nih, mukanya gak semanarik punyanya si mbak...hehe... Saya hidangkan dengan nasi dan toge dan haricots verts (kacang panjangnya eropa) yang dikukus. Abis itu sayur dan nasi diguyur kuahnya gangan udang ini. Uih!!!! Sumatera abis rasanya bo! Persis kayak makan di resto nasi padang deh, dan yang gak penting, gak berasa itu rasa sayur (buat yang gak doyan sayur). Wangi santannya malah lebih asoy (sorry nih, kalau muji-muji masakan sendiri...hehehe).