Sunday, June 10, 2007

KOLAK PISANG À LA RESTAURANT INDONESIA PARIS



Ini kolak, lucu juga kalo kata saya. Pisangnya pakai pisang biasa yang diiris tipis, gak pakai pisang tanduk (atau pisang raja sih namanya?) yang gede2 itu. Nyari pisang segede gaban gitu, di Paris gak susah kok, di deket rumah saya ada beberapa toko afrika yg jual. Tetep aja sih rasanya sepet, gak seenak pisang Indonesia deh pokoknya (pisang ambonnya juga gak seenak yang di Indonesia).

Tapi teteplah ide restoran Indonesia itu diikutin. Mumpung saya masih punya sirup gula jawa yang saya simpen di dalam botol, dan taroh di lemari es (ini lumayan juga buat ngolah langsung daun pandan, jadinya gak perlu khawatir takut busuk). Restoran Indonesia di jalan Vaugirard ini, bikin kolak sebagai salah satu menu dessert mereka.

Bikin kuah kolaknya, udah pada tau kan, tapi saya sertakan resepnya juga deh, untuk yang belum tau:

  1. Air, direbus barengan dengan gula merah, daun pandan, dan santan.
  2. Kalau semua sudah kecampur, tarik dari api, dan dinginkan sebentar.
  3. Masukan potongan-potongan pisang ke dalamnya.
  4. Hidangkan.

Ide lain:
  1. Kata si Sari, restaurant ini, kalau yang pesen kolaknya bule, ditambahin sedikit alcohol, biar berasa pahit-pahit sophisticated gitu. Kalau yang pesen kolak orang melayu mah gak ditambahin alcohol. Hehehe, aneh juga ya... Boleh juga sih ditiru nih, sama para alcoholic..hehehe.
  2. Kalau saya pengennya sih, tambahin potongan buah nanas, biar ada rasa asam sekalian. Jadi deh pinacolada-pinacoladaan... seru bow...

Catatan:
Sorry nih, gula jawa di Paris rata-rata warnanya pucet-pucet, jadi warna kolaknya ikutan pucat deh. Kalau mau cari gula jawa yang gak pucet warnanya, jauh dan gak praktis, naek angkotnya berkali2.. jadi males deh tuh. Hehe.