Sunday, June 10, 2007

GUDEG



Akhirnya.. saya berhasil juga bikin gudeg... Dan yang penting lagih, ini gudeg pake panci tekan. Setelah mencari-cari resep-resep yang pake panci tekan, akhirnya nemu juga. Kayaknya sih saya dapet dari situsnya mbak ini, mbak Enji (nemu di net, saya gak kenal sama dia, tapi boleh ya mbak, niru resepnya), saya print, tapi setelah saya cari-cari lagi linknya kok gak ada ya? Kayaknya sih bener dari dia deh.


Ternyata, panci tekan itu emang kayak komputer, membuat hidup menjadi lebih mudah. Masak gak perlu lama-lama, dan tinggal masuk-masukin aja bumbunya. Panci tekan yang ada di rumah, sebetulnya punyanya suami, dibeli waktu jaman kita belom saling kenal, jadi udah agak lama juga dia beli ini barang. Dia emang demen banget beli peralatan dapur, karena dahulu (garis bawah dahulu, sebelom kenal masakan saya..hehehe), dia doyan masak. Setelah saya hajar berkali-kali dengan masakan Indonesia, dia jadi gak pede lagi masak untuk kita berdua.

Saya saranin, sempet-sempetin deh beli yang namanya panci tekan (autocuiseur-pressure cooker). Bisa buat masak rendang juga kalo gak salah. Besok-besok mau juga ah nyoba resep daging habangya tetangga, dan juga rendang (kalau nemu resepnya). Masalahnya, gak banyak resep masakan Indonesia yang pakai panci tekan ini (tapi banyak resep masakan perancis pakai autocuiseur ini). Soalnya harus kira-kira berapa takaran pasti tiap bahannya, dan berapa waktu lama masaknya biar gak gosong alias kekeringan air.



Oke, back to Gudeg yang saya contek, ini dia resep yang sudah saya modifikasi (resep untuk dua orang yang lagi diet aja ya, alias gak banyak juga..hehe):

Bahan:
  • 400 ml santan kentel Free Image Hosting at www.ImageShack.us (saya demen kentel-kentel soalnya dan saya pakai santan kalengan merek leader price yang kentelll ituh..hehehe)

  • 280 gr nangka muda dan 285 gr/ml air Free Image Hosting at www.ImageShack.us (kalau pakai nangka kalengan yang merek Cock, udah jadi satu semuanya dalam satu kaleng). Saya gak potong-potong lagi nangkanya. Langsung saja masuk.
  • 1 cuisse de poulet (cuisse de poulet adalah daging ayam yang bagian paha atas dan paha bawahnya nyambung jadi satu leg, thigh, upper section of the leg between the knee and the hip - ini saya bagi berdua sama suami, karena toh masih ada telor rebus sebagai lauknya)
  • Gula merah secukupnya (saya pakai kira-kira 1 sendok makan, tapi ini manis banget kayaknya, harus berbanding juga sama kecap manisnya sih ya)
  • Kecap untuk memberikan warna coklat (saya mungkin pakai sekitar 3 sendok makan biar agak pekat)
  • Garam secukupnya
  • 4 lembar daun salam
  • 1 cubitan kecil asam jawa, (karena asam jawa yang dijual di sini asemnya minta ampun, kapok banyak-banyak)
  • Telur rebus dengan jumlah suka-suka (saya gak pake karena kelupaan, jadinya telur rebusnya malah nyusul belakangan).

Bumbu yang dihaluskan (saya blender aja):
  • 6 siung bawang merah (bawang merah di perancis gede-gede sih, tapi saya sengaja pakai banyak, biar medok sih..hehehe).
  • 3 siung bawang putih
  • 2 cabai rawit atau sesukanya (karena saya suka pedas sebetulnya, tapi harus kompromi juga sama mulut si mas, dia gak apa makan pedes, tapi jangan yang pedesnya kayak setan)
  • 1 sendok teh ketumbar bubuk
  • 1/2 sendok teh jinten bubuk
  • 4 butir kemiri sangrai

Cara:
  1. Semua bumbu dan bahan dimasukan ke dalem tangki panci tekan itu.
  2. Nyalain apinya, aduk-aduk sebentar
  3. Tutup panci tersebut
  4. Masak 45 menit, terhitung dari panci mulai berdesis
Catatan:
  1. Kira-kira dalam 45 menit ini, bahan-bahan sudah empuk, dan masih ada airnya (kuahnya).
  2. Kata resep aslinya, kalau mau kering, biarkan masak sampai air habis (dengan api kecil dan diaduk-aduk biar gak gosong kali ya?), tidak perlu ditutup pancinya. Kalau saya, karena udah lapar, hajar bleh aja, gak pake ngeringin lagi kuahnya, toh kuantitasnya juga gak banyak amat alias tinggal dikit.
  3. Saya pakai nangka kalengan yang dijual di quartier chinois atau KBRI (dan itu semua isinya, air dan nangka saya masukin semua, gak saya potong-potong lagi, jadi hitungan nangka dan airnya totalnya ya 565 gr).

Nah, ternyata si suami doyannnnn banget sama masakanku ini, katanya perpaduan manis dan asinnya wuennuak tenan. Walhasil dia ngorek-ngorek panci melulu nyari sisa-sisa kuahnya. Hahaha.. dia belum tau aja yang namanya gudeg pasar Cikini di Jakarta, duh jauh lebiiihhhh mantap, yang jual mbok-mbok Jogja. Tapi gudeg yang saya buat ini rasanya mirip-mirip lah (maunya disamain sama gudeg bu Tjitro kebayoran..hehe...mimpi), walaupun mukanya gak sama persis sama gudeg manapun.

Saya suruh dia ngapal-ngapalin tuh namanya, GUDEG pake 2G (duh kayak ponsel).. bukan BUDEK yah mas... hehehe. Katanya jadi pengen pulang ke Indonesia.. gimana, kita jadi kan ke Jogja nanti?