Sunday, June 10, 2007

RAMUAN PINACOLADA JAMAN KOST-KOSTAN



Entah nih, lagi demen banget ama santan dan mumpung udah mo masuk musim anget2. Mampus dah gue... bisa krisis jantung nih lama-lama kalau nyantan terus. Orang mah nyabu kebanyakan..ini gue nyantan. Santai karena masih legal.


Berikut, salah satu resep pinacolada, minuman kesukaan saya. Ide (resep) didapet waktu jaman kost-kostan tercinta di Bandung. Pertama minum, sama anak-anak kost juga, waktu makan di restaurant sunda jalan raya Dago yang deket sama SMA 1.. terkenal, tapi lupa namanya). Suatu malam, kita pengen banget minum pinacolada ini. Pada larut malam, bersama-sama, para cewek-cewek jagoan nan baik hati itu, pergi mencari santan kotak Kara, di kios yang masih buka di pinggir jalan. Kebetulan hari itu ada yang baru beli pisang dan nanas di pasar simpang dago atas. Sip, semua bahan udah kekumpul, kita ngejus deh malam itu (pake blendernya sapa itu dulu ya, lupa, asli berisik banget suaranya deh). Tapi waktu itu kok hasil olahan alias rasanya, agak gagal yah, entah apa karena too many hands spoil the broth, alias terlalu banyak "tangan dan mulut" yang ikut campur, atau karena kita yang oon-oon dalam dunia perkulieneran. Nah ini resep modifikasi saya yang mungkin (gak jaminan juga hehe), lebih baik daripada yang dulu...


Cara bikinnya gampang banget:
200 ml santan kental
2 buah pisang ambon
567 gram nanas potong kalengan (beserta sirup di dalam kaleng)
gula secukupnya (saya pakai syrup gula jawa, itu loh yg cara bikinnya adalah: gula merah, dan air, direbus barengan dengan daun pandan.... andalan saya ceritanya).

Semuanya diblender sampai halus...Sajikan dengan es batu sedikit, biar agak dingin gituh.

Nah bagi yang demen minuman beralcohol, ya dicampurkan aja dikit rhum. Bisa jadi aperitif yang menyenangkan di kala été/ summer/ musim panas. Tropical sekali deh..hehe.

Nah berikut adalah foto beberapa cewek jagoan nan jagoan dan gembira yang beberapa diantaranya makan di sawung sunda dan mencari-cari santan kara yang saya sebut diatas: