Tuesday, June 19, 2007

IKAN BAKAR SAUS ASAM MANIS (THAÏ)


Ide diambil dari buku resep Homestyle Thai Cooking (Periplus, 2005). Harusnya sih ikan di goreng deep fried, tapi saya lagi gak ada minyak sebanyak itu, dan lagi males minyak banget. Ya saya bakar aja. Sebetulnya saya udah pernah bikin ikan goreng khas thai juga, tapi rada beda bahannya dikit, (klik di sini)

Bahan:
  • 1 ikan Bar, loup, loup de mer (dicentrarchus labrax), yang sudah dibersihkan, diberi garang, merica dan jeruk nipis.. sisihkan.

Bahan Saus:
  • bawang putih diiris tipis
  • bawang merah diiris tipis
  • ketumbar bubuk
  • cabai
  • saus ikan
  • gula jawa bubuk
  • asam jawa
  • air

Cara:

  1. Buat sausnya. Panaskan minyak, masukan bawang merah dan putih, aduk. Tambahkan cabainya. Kemudian masukkan ketumbar. Tambahkan air (saya tidak pakai banyak-banyak.. disesuaikan dengan jumlah bahan-bahan lain saja), saus ikan, gula jawa dan asam jawa. Biarkan masak dengan api kecil hingga saus mengental.
  2. Panggang ikan sampai matang di oven (saya panggang selama 20 menit dengan panas 200°C tapi tergantung berat ikan juga loh).
  3. Tuangkan saus ke atas ikan. Hidangkan panas-panas.