Thursday, June 14, 2007

SALAD CUMI, DAGING DAN IKAN KUKUS A LA THAILAND



Masakan Thai itu bikin hidup mudah, karena resep-resep yang saya punya, rata-rata gampang ditiru. Cepet dan hasilnya bukan gak enak....hehehe.

Ide resep salad cumi, saya dapatkan dari buku Authentic Thai Recipes (Periplus, 2000). Buku ini oleh-oleh dari teman kami, PL, yang istrinya orang Thai, yang kapan hari makan bareng di resto Indonesia itu loh. Dia bilang, ini buku yang resep-resepnya mendekati rasa asli Thailand, dan saya dikasih dua buku. Katanya sih hampir sebagian besar resep masakan ngetop thailand ada di sini.

Saya udah males ya, mikir takaran aslinya. Pokoknya begitulah..hehe. Ini semua udah saya modifikasi karena sering kali saya males ngikutin takaran/cara masak sesuai dengan resep aslinya. Yang gampangnya aja deh...

Bahan:
  • cumi-cumi mentah, bersihkan (saya waktu itu pakai yang dibekukan, dijual di supermarket)
  • daun jeruk purut
  • sereh (saya pakai sereh kering, bubuk)
  • bawang merah diiris tipis
  • daun ketumbar
  • daun mint
  • daun bawang
  • daun salad

Saus:
  • bawang putih digeprak
  • bubuk jahe
  • cabe ulek
  • gula jawa tumbuk
  • saus ikan
  • air jeruk nipis
  • sedikit minyak wijen

Cara:
  1. Kita bikin sausnya dulu. Cammpurkan bawang putih, bubuk jahe, cabaik, gula jawa, saus ikan, jeruk nipis dan minyak wijen, dan sedikit air dalam panci. Taruh di atas api kecil, aduk secara perlahan sampai gula cair. Sisihkan.
  2. Potong-potong cumi melintang (kalau saya tidak dipotong, malas).
  3. Masukan daun jeruk purut, batang sereh dan air secukupnya, rebus hingga mendidih. Kecilkan api, masukan cumi, masak sebentar saja, paling tidak hingga mereka agak mengeriting.
  4. Saring cumi, buang air sisa rebusan.
  5. Taruh cumi, bawang merah, daun ketumbar, daun mint, daun bawang dan daun salad dalam mangkuk besar, dan tuangkan saus di atasnya, aduk-aduk.
  6. Hidangkan.
Ide resep Salad Daging saya dapat dari buku Maraboutchef, cuisine thaï pour debutants (marabout, 2004).

Bahan:
  • Daging (saya pakai faux filet)
  • Saus ikan
  • air jeruk nipis
  • pasta cabai/cabai ulek/cabai iris tipis
  • bawang merah iris tipis (resep aslinya pakai oignon vert, itu loh, bongkol bagian bawah daun bawang)
  • tomat dipotong-potong dengan bentuk sesuka hati
  • daun salad
  • daun mint
  • daun ketumbar
  • gula jawa, tumbuk (atau gula pasir yang agak kecoklatan warnanya)
  • kecap asin
  • bawang putih digeprak

Cara:
  1. Kita rendam (marinade) dulu dagingnya. Buatlah campuran saus ikan dan air jeruk nipis untuk merendam seluruh daging. Diamkan di lemari es selama 3 jam.
  2. Ambil dagingnya, buang sisa rendaman, dan bakar dagingnya sesuai dengan kematangan yang disuka (Saya bikin setengah matang. Bakar daging, bisa pakai penggorengan yang khusus untuk bakar daging tanpa minyak, atau bisa dipanaskan di teflon saja).
  3. Diamkan sampai agak dingin, baru potong dengan irisan tipis.
  4. Campur bawang merah, cabai, tomat, daun salad, mint, ketumbar dalam mangkuk salad. Campurkan dengan campuran kecap ikan, jeruk nipis, gula jawa, kecap, bawang putih.
  5. Masukkan daging ke dalam campuran salad.
  6. Hidangkan segera.

Untuk resep Ikan Kukus, saya dapat dari buku yang sama, Marabout. Saya beli ikan yang dibekukan di Chinatown Paris. Lupa namanya apa, tapi katanya sih dari Vietnam dan warnanya merah. Hati-hati dalam memilih ikan, konon Cabillaud dan Morue sudah akan punah, dan gak boleh lagi dipancing... Ceritanya mau sadar lingkungan hidup nih.. (tapi ngomong-ngomong, saya masih doyan makan tuna di sushi loh..hehehe.. guilty as charge! Katanya gara-gara konsumsi Sushi yang meningkat, populasi Tuna di dunia makin menipis, sampai dibikin konvensi untuk melindungi ikan ini). Resep asli pakai daun pisang.. saya ada sih pohon pisang, tapi kayaknya ngeri amat, karena begitu daun direbus, kok airnya jadi hitam... jadi ngeri. Lagian jenis pohon pisang yang saya punya, cuman buat hiasan aja.... Saya ganti daun pisang dengan kertas alumunium.

Bahan:
  • Ikan
  • 1 lembar kertas alumunium
  • pasta sambal/cabe ulek/cabai iris tipis-tipis
  • daun jeruk purut, diiris tipis-tipis
  • bawang bombay, iris tipis-tipis (saya potong dadu aja, dan resep aslinya pakai bongkol daun bawang)
  • daun ketumbar
  • daun kemangi (saya pakai daun basilic perancis)
  • bubuk sereh

Rendaman Ikan:
  • pasta cabai/ cabai ulek, cabai iris tipis
  • saus ikan
  • air jeruk nipis
  • bawang putih geprak
  • bubuk jahe

Cara:
  1. Rendam ikan dalam air rendamannya selama sejam.
  2. Campur cabai, daun jeruk purut, bawang, ketumbar, kemangi, dalam mangkuk. Kemudian letakan campuran daun-daun tersebut di atas badan ikan (saya juga taruh di bagian dalamnya).
  3. Letakan di atas kertas alumunium.
  4. Siramkan air rendaman ikan tersebut ke dalamnya. Bungkus ikan tersebut, jangan sampai airnya pada keluar dari bungkusan.
  5. Kukus hingga matang.
  6. Hidangkan segera.
PS. Sorry ye, kalau foto-fotonya gak oke..hehehe.. kayaknya minyakan banget sih :P