Sunday, June 10, 2007

SEKEDAR SHARING: KUE KERING TEH HIJAU

kuker dengan matcha asli, yang halus



kuker tanpa matcha yang halus

Lagi-lagi resep nyontek nih. Ya iyalah.. jarang banget saya bikin resep sendiri. Apalagi resep kue. Tapi saya seneng aja sharing resep ke orang-orang, abis gimana ya, saya seneng sih kalau dibagi resep sama orang lain, atau bisa ngintip resep yang di posting di blog orang-orang. Ngerasa terbantukan banget. Nah, makanya saya sebagai penyambung lidah, ya ngasih tau aja, kalau ada resep oke nih di net...

Resep contekan kali ini adalah Kue Kering Teh Hijau, yang saya contek dari cewek Perancis yang tergila-gila sama masakan Jepang, Clea.

Bahan Matcha saya ganti dengan teh hijau biasa, yang saya haluskan lagi (tapi gak berhasil banget nih..hehehe), jadinya beresiko nyelip-nyelip di gigi deh..hehehe). Hasil akhir kue kering ini malah mirip roti kecik menurut saya. Mayan buat obat kangen. Hehehe.

Oke, cukup panjang basa-basinya, langsung aja saya persembahkan resepnya ya.. (terjemahan dan saya tambah-tambahin sedikit).

Bahan:
  • 1 sdm minyak olive
  • 3 sdm susu kedelai
  • 50 g gula pasir yang berwarna merah (sucre roux)
  • 2 kuning telur
  • 1 sdt matcha (saya pakai bubuk teh hijau biasa)
  • 150 g tepung terigu sangrai (clea memakai tepung terigu nomor T.80.. jangan tanya saya deh kenapa bisa begitu, tepung terigu di sini emang banyak yang pake nomor-nomor).
  • 1 sdt baking powder

Cara:
  1. Dengan mixer, campur minyak, susu kedelai, kuning telur, gula dan matcha.
  2. Tambahkan tepung dan baking powder sedikit demi sedikit, gunakan sendok.
  3. Bentuk adonan menjadi suatu bola besar, dan bungkus dengan kertas roti, kemudian dinginkan dalam lemari es sekitar 30 menit.
  4. Panaskan oven, 150° C
  5. Bentuk adonan kotak-kotak atau sesuka hati
  6. Letakkan kotak tersebut diatas tatakan tahan panas yang telah diberi kertas sulfur (kertas roti)
  7. Panggang selama 20 menit
  8. Biarkan dingin dalam rak kawat


Catatan pembuatan:
  1. Menurut pengalaman saya nih, jangan terlalu kecil ukurannya, sifat dasar kuker ini keras (karena gula merah yang dibakar di oven jadi caremel) jadi kalau makin kecil ukurannya yah, agak susah gigit sambil megangnya.
  2. Saya ngebentuk adonan dengan menggunakan plastik alimentaire (plastik untuk micro wave), karena adonannya lengket di tangan. Bisa juga kalau mau tangan dilapisi tepung terigu sebelum ngebentuk. Kalau saya sih sebisa mungkin gak nyentuk adonan dengan tangan, karena takut kue menjadi makin keras.
  3. Ini porsi kue dikit banget loh, jadi cukup cuman buat dimakan sama dua orang. Hehe.

Sebetulnya tiap bikin resep ini, saya gak pernah punya yang namanya matcha, teh hijau bentuknya bubuk halus, yang dipakai orang jepang untuk upacara-upacara tehnya. Kalau di Paris (dan saya rasa di tempat lain pun), harganya cukup mahal, sedangkan suami saya punya buanyuuuaaakkk banget teh hijau, akibat dari kunjungannya ke Cina dan Vietnam. Sampe teh Korea aja ada bo.. padahal belinya di Vietnam. Udah gitu, dapet juga teh hijau jepang, tapi bentuknya gak halus (bukan matcha), kita beli di Paris dan juga kado kawinan dari temen kita yang orang Jepang. Sampe pusing deh, gimana mo ngabisin teh ijo, kita jarang minum, padahal kita suka juga minum teh hijau yang pait. Tapi masalahnya, minum teh hijau itu, bikin gak bisa tidur! Ngapai juga beli teh hijau lagi kalau kita aja bingung mau dikemanain koleksi teh kita yang aujubile itu (Ngomong-ngomong saya paling mendidolakan teh Indonesia, top abis rasa melatinya... cap botol yang nyeduhnya kayak jaman dulu gitu).

Kalau saya lagi males bentuk adonan kue... saya panggil suami saya untuk ngebentukin adonan, sedangkan saya asik ngenet..hehehe... Emang, suami saya itu spesialis ngebentukin kue-kue, dan menyelesaikan setiap pekerjaan saya yang malas saya selesaikan karena tiba-tiba terserang penyakit malas. Yah.. kalo yang diatas ini, saya yang mencoba ngebentuk sendiri, tapi bentuknya gak beraturan, karena asli males!!!! Gak sabar pengen cepet-cepet manggang, jadi, dan makan deh!!! :))