Sunday, June 10, 2007

TIPS KERING KENTANG UNTUK YANG GAK KERING-KERING KENTANGNYA (LAGI-LAGI RAS SAYA)


Akhirnya saya bikin juga kering kentang. Resep, selalu nyontek dari net dong,
dapur wienda dan dapur gue.

Resep mereka saya contek abis-abis dan tidak ada perubahan. Saya jarang banget lah ngarang resep sendiri.. bisanya nyontek sih...hehe..

Tapi anehnya, setiap saya bikin kering kentang, mo kata kentangnya diiris tebel, ataupun udah saya iris tipis-tipis, tetep aja, begitu dicampurin sama gulanya, langsung jadi melempem. Saya kecewa banget, karena tadinya mereka semua garing kering. Seharian masak jadi berasa sia-sia. Dan kentangnya pun seringkali tidak berwarna cantik (apa kali salah pake jenis kentangnya ya), gak kayak di resep aslinya. Ya gila aja, ngiris tipis-tipisnya kan berjam-jam, belom lagi ngegorengnya satu-satu (semuanya dibantuin suami. Cie.. dia cuti buat bantuin gue kerja di dapur..hahaha. Motong dan ngegoreng kentang sambil sarungan pula... Free Image Hosting at www.ImageShack.us Demi membuat kering kentang kesukaan kita berdua).

Saya udah pasrah aja ketika saya mau campur kentang dengan gulanya, saya tau, wah ini pasti bakal bikin kentang goreng yang crispy ini jadi melempem deh. Bener aja. Untung si doi bilang gini, "Kalau memang mau kering benar, coba masukin ke oven, panggang dengan suhu rendah". Saya jawab, "Gimana caranya?"
"Kamu pikir aja sendiri lah gimana-gimana prakteknya!"

Otomatis, saya mikir sendiri untuk prakteknya.

  1. Panaskan oven.
  2. Alasi tatakan oven (lempengan panjang untuk manggang) dengan kertas aluminium guna menghindarkan lelehan gula diatasnya (takut susah dibersihinnya soalnya... caramel bikin oven kotor dan harus gosok dengan kerasnya),
  3. Letakan kering kentang tadi diatas tatakan oven, dan panggang dengan suhu 90°C selama setengah jam.

Hasilnya? Crispy deh kering kentangnya! Nyam.