Wednesday, July 18, 2007

AYAM BETUTU NYUNGSEP


(saya lagi males nulis resep nih... jadi ya dilihat sendiri aja..ini kan sharing namanya.. hahaha!).
Tapi bukannya pakai bebek, saya pakainya ayam, dan seperti biasa ingredients yang bisa diganti sama bubuk, ya pakai bubuk aja kalau saya sih. Selain itu, saya pakai cabai warna hijau, karena lagi gak punya yang merah...

Tapi cara ngukus ayamnya, saya agak beda, karena kalau pakai kukusan biasa, gak muat, itu ayam gede banget sih..hehehe. Saya ngukus ayamnya ya begini: pakai cara au bain marie seperti gambar di atas (dikasih air dalam tatakan bawah), trus itu ayam dan tatakan dimasukin ke oven, yang sudah dipanaskan sebelumnya, dengan suhu 150°C, panggang 20 menit. Kemudian buang airnya, lakukan pemanggangan ayam dengan cara biasa, suhu 180°C selama 30 menit. Hidangkan.

Saya demen banget deh kalau ada bumbu-bumbunya gini masih pada nempel...hehehe. Walaupun begitu, tetep, makan ayamnya pakai sambel plecing.... nyam....

Resep sambel plecing (à la gue):
Haluskan:
  • Tomat
  • Cabai
  • bawang putih
  • Terasi
  • garam

Cara:
Semua bahan digoreng dengan sedikit minyak. Hidangkan. Makannya pake tangan yaaaa ibu-ibuuuuuuuuuuu (jadi inget pengajian deket rumah gue dulu, kan pake toa jadinya kedengeran kemana-mana, dan pemimpin pengajiannya selalu nyebut bagian "uuu"nya panjang banget deh! hihihi).
Selamat mencoba.... (itu juga kalau masih napsu nyoba resep, setelah melihat foto ayam yang nyungsep gitu...hahaha!).