Wednesday, July 18, 2007

TONGSENG KAMBING


Resep Tongseng ini saya ambil dari beberapa sumber di net, saya gabung-gabungkan jadi satu aja gitu. Hasilnya sih enak deh ya... walaupun saya masih mencari-cari resep tongseng yang ideal, yang rasanya sama dengan tukang tongseng kaki lima, pinggiran jalan Ciumbeleuit (sebelah kiri agak jauh sebelom Unpar kalo dari arah pasar Gandog). Walaupun saya masih mencoba mengingat-ingat juga, gimana sih rasanya si tongseng ajaib ini udah lama sih gak makan... udah 10 tahunan lebih kali? Tapi di tempat inilah saya pertamakalinya menyukai tongseng... sebelumnya mah gak doyan dah!

Karena emang cewek pemalesan dan tinggalnya jauh dari Indonesia, rata-rata yang saya pakai memang sudah menjadi bubuk, jadi saya gak repot-repot lagi ngehalusinnya dan harusnya sih nyimpennya gak serepot barang aslinya. Kelemahannya? Rasanya gak seseger yang ada di Indonesia lah. Seperti biasa kalau sama saya, tidak ada takaran-takarannya.. semuanya mengalir dengan begitu saja :))

Bahan:

  • Daging Kambing
  • Santan (saya pakai cair yang dikalengan juga gitu loh)

Bumbu Halus:

  • Bawang Merah
  • Bawang Putih
  • Cardamom (kapulaga) bubuk
  • Cinamon (kayu manis) bubuk
  • Sere bubuk
  • Cabe
  • Lengkuas bubuk
  • kemiri
  • jahe bubuk
  • kunyit bubuk
  • ketumbar bubuk
  • jinten bubuk
  • merica hitam bubuk
  • asam jawa
  • gula jawa



Bahan Lainnya

  • Cengkeh
  • lembar daun salam
  • lembar daun jeruk purut
  • Air Jeruk Nipis
  • garam
  • Kecap
  • Tomat, iris tipis
  • Kol, iris kasar memanjang
  • Cabai merah atau hijau, diiris tipis

Cara:

  1. bumbu halus, daun salam, daun jeruk dan cengkeh, di goreng dengan minyak sampai berubah warna, angkat, sisihkan.
  2. Kita lembutkan daging kambingnya, taruh dalam panci tekan, rebus selama 20 menit dengan api besar dan kecepatan full (dihitung semenjak panci mulai berdesis).
  3. Buka tutup panci, buang airnya sedikit
  4. masukkan santan cair dan bumbu halus ke dalamnya, aduk rata, kemudian masak selama beberapa menit (dengan tutup panci terbuka).
  5. Masukkan kecap manis dan garam secukupnya. Cicipi mana yang kurang.
  6. Masukkan kol dan tomat, masak sampai rada layu (kalau saya, dimasak lagi 5 menit dalam keadaan tertutup).
  7. Masukkan air jeruk nipis
  8. Hidangkan dengan cara menaburkan irisan cabai di atasnya


Dan.. hmmmm.. permisi nih, ada yang mau numpang nampang..hehehe... yah, percobaan pertama deh, gak terlalu berhasil... ... :P