Friday, July 6, 2007

TEST BEBERAPA RESEP MASAKAN (BANANA CHEESE CAKE, PUDDING COKLAT VLA VANILA, LEMPER AYAM, LAWAR BALI, IKAN KUKUS)

Udara akhir-akhir ini bener-bener gak jelas banget bikin badan sakit, trus karena kemaren pas ultah ada kejadian yang rada gak ngenakin gara-gara kado, trus sibuk ngasih advice ke temen deket soal masalah cinta dan visa (hehe), saya pun akhirnya (sempet) menderita stress.

Tapi kalau stress, obatnya gampang..TEST RESEP! Dan kebetulan kan kemarennya baru belanja ke toko asia, jadinya rada banyak resep yang pengen saya cobain. Resep yang saba coba sih masih dari resepnya dapur bunda, yaitu banana cheese cake, pudding coklat vla vanila, sama lemper ayamnya. Selain itu saya nyoba bikin sayur lawar bali, dari situs ini.



Catatan :
  1. Modifikasi yang saya lakukan dari banana cheese cake adalah, saya membakar adonan dengan menggunakan mangkok keramik tahan panas yang sebelumnya sudah diolesi mentega, kemudian dilapisi tepung sebelum adonan dituangkan. Proses pemanggangan dalam oven dilakukan dalam 150°C dalam waktu 0,5 jam.
  2. Modifikasi Puding Coklat Vla Vanila, saya gak pakai kuning telur sama sekali untuk puddingnya. Apakah tepat untuk disebut modifikasi karena saya kelupaan sebetulnya.. hahaha. Hasilnya gak buruk juga sih, malah puddignya agak lembek di bagian dalamnya, tapi padat di luar. Jadi kayak makan kue coklat yang lembut di dalamnya. Karena gak punya cetakan agar-agar, saya pakai mangkuk keramik tahan panas. Tips untuk melelehkan coklat, menurut saya yang terbaik adalah cara au bain marie, yaitu letakkan coklat di mangkuk tahan panas. Letakkan pada panci di atas api, yang berisi air yang berdiameter lebih kecil daripada mangkuk. Coklat jangan cara di bakar di panci, bisa gosong bagian bawahnya. Cara lain adalah taruh sedikit air di dasar panci untuk melelehkan coklat, kemudian beri jeruk nipis sedikit (saya belum pernah coba). Cara lainnya lagi sih ya, di micro wave aja kali yeee...
  3. Untuk Vla Vanilanya, saya gunakan sedikit rhum. Ketika adonan vla diangkat dari api, aduk terus hingga asapnya hilang, kemudian tambahkan sedikit rhum, aduk rata lagi.
  4. Dan kalau lemper ayam sih, pada tahap akhirnya saya kukus langsung di dalam daun pisang. Tapi saya bener-bener lupa cara orang ngebungkus lemper, ya jadi cuman saya lilitkan saja di badan lemper. Hehe.
  5. Untuk bahan lawar, saya gunakan yang ada saja di dalam lemari es, yaitu haricots verts (kacang buncis), dan tauge.
  6. Untuk salah satu pembuatan dressing lawar bali, dibutuhkan chicken spice paste (klik untuk melihat caranya).




Kemudian saya melakukan lagi resep thailand, kukusan ikan, seperti yang saya lakukan kapan hari. Bedanya, saya ngukus pakai daun pisang asli dong, kan udah beli kemaren..hehehe. Udah gitu bumbu perendamnya saya kasih saus cabai thailand, yang manis asem itu loh, saus Sriracha ya kalau gak salah namanya, sebagai pengganti cabe ulek, juga dikasih garem dikit sama merica. Hasil akhirnya, rasanya jadi manis, baunya wangi, dan lebih sedap aja gitu karena pake daun pisang asli.


Orang perancis biasanya pada gak suka yang namanya pudding, termasuk suami saya, dia bete banget kalau saya bilang, eh saya mau coba bikin puding nih. Dia paling gak suka sama sesuatu yang lembek-lembek atau berkogulasi gitu deh. Tapi pas nyobain pudding ini, dia bilang, wah.. mayan kok... suka juga...

Sukur deh kalo gitu. Stress gue pun hilang deh... hehehehe....