Friday, July 6, 2007

SENANGNYA BELANJA BAHAN MAKANAN ASIA DEKET RUMAH

Seminggu yang lalu, saya kebetulan banget pergi ke suatu pusat perbelanjaan di kota tetangga, MASSY. Di provinsi île-de-france tempat kami tinggal, kecamatan-kecamatan merupakan kota yang berdiri sendiri secara administratif, ada balai walikotanya. Jadi "kecamatan" Massy ini sebetulnya gak jauh banget dari rumah kita.

Dan bahagianya saya pas masuk ke salah satu pusat perbelanjaan di sana, saya menemukan ada satu toko bahan makanan asia di dalamnya. Waks...jarang-jarang nih, ada toko bahan makanan asia, apalagi di pinggiran Paris Selatan, saya belum pernah denger sama sekali. Salama ini kalau beli bahan makanan asia, saya selalu ke pecinan di Paris, yang jaraknya lumayan jauh, dan kalau saya gak beli tiket bulanan, bisa agak repot bayar ongkos tiket ketengan. Tapi ini kok ada toko beginian di kota tetangga yah?

Langsung deh saya masuk untuk ngecek-ngecek bahan makanan apa yang dijual di sana. Dalemnya cukup luas, dan barang-barang standarnya sih, ada semua ya, model pepaya hijau, kacang panjang, kangkung, tahu, gula jawa (palm sugar ya), telor bebek asin, barang-barang untuk bikin sushi, sampai ebi kering. Yang gak ada, yah durian, maupun nangka muda. Kalau kecap manis, dan Indomie, emang di toko asia pun gak ada, ini harus cari khusus di toko India di Paris atau di koperasi KBRI di kota yang sama.

Luas toko bahan makanan Asia ini hampir sama dengan mini Tang Frère (toko bahan makanan asia terbesar di Paris) di Place d'italie. Harga barang-barangnya relatif sama, hanya masalahnya, kalau di Tang Frère, tersedia banyak merek dari suatu jenis bahan makanan, mulai dari harga yang murah sampai yang paling mahal. Nah ini biasanya cuman satu jenis merek, dan itupun rada mahal beberapa cent dibandingkan yang di Paris. Yah tak apalah... deket rumah ini, jadi kalau ke sana bisa sabtu bareng suami, dan parkirnya gak terlalu puyeng karena yang belanja di situ adalah tetangga-tetangganya sendiri yang pada jalan kaki (sekitarnya adalah komplek apartemen yang besar sekali). Toko ini pun bisa diakses dengan bis. Lagipula sekarang, RATP (perusahaan bis nasional Perancis), punya kebijaksanaan baru untuk tiket bis ketengan, kalau untuk pindah bis (korespondensi), kita bisa pake hanya satu tiket "t" saja. Jadi bisa lebih murah deh, kalau saya ke kota Massy dari rumah saya, karena saya harus dua kali ganti bis.

MASSY MARCHE
Alimentation asiatique produit exotiques
C.C. Massy Opéra
22, Place de France
91300 Massy
Ouvert du Mardi au dimanche 9h-19h30
tlp. 0160110967

Berikut adalah foto hasil belanjaan beberapa hari yang lalu. Cihuy, masak-masak makanan asia tambah rajin deh :))


RALAT:
Terakhir saya ke sana: Ada jual durian deng, tapi yang udah di plastikin (mungkin waktu saya sebelumnya ke sana sudah habis-ternyata banyak juga peminatnya, kemaren ada ibu-ibu bule beli). Ada juga jual: teri besar dan kecil (tapi bukan teri medan), nangka muda kalengan, saus makanan Korea, waterchestnut kalengan, banana blossom, juice daun yanang, kulit lumpia semarang, kulit pangsit, bermacam-macam bumbu halus eksotis, daun pandan, de el el.

barang-barang.jpg