Wednesday, July 18, 2007

NASI DAGING LOC LAC


Nasi Loc Lac dikenal di daerah Indocina, dan resep ini saya temukan dari net, tapi lupa sumbernya yang mana. Resep ini gak menghasilkan rasa yang sama dengan nasi loc lac yang saya makan di restaurant Laos di distrik 13 Paris. Maka saya masih akan mencari resep nasi loc lac yang kira-kira mirip. Untuk sementara, yang ini dulu aja,... mayan kok.

Bahan:
  • 250 gr daging sapi yang lembut (saya pakai tipe bourguignon)
  • 4 sendok makan kecap asin
  • 1/2 sdm jahe bubuk
  • 1 siung bawang putih
  • nasi matang secukupnya
  • 2 sdm konsentrat tomat (saya gak punya, jadi pakai satu tomat asli di blender)
  • 3 tetes minyak wijen
  • minyak
  • garam
  • merica

Cara:
  1. Potong daging dengan bentuk dadu, masukkan dalam mangkok besar.
  2. Tuangkan ke dalam mangkok daging, kecap asin, jahe, aduk rata, tutup dengan plastik (plastik yang buat microwave kalo saya mah), masukkan dalam lemari es, dan biarkan 3 jam. Aduk-aduk daging tiap jamnya, biar saus rata.
  3. Panaskan penggorengan, sampai panas. Masukkan 2 sdm minyak dan bawang putih, masukkan daging dan saus, aduk tanpa henti selama 3 menit.
  4. Masukkan tetesan minyak wijen (hati-hati karena rasanya kuat sekali), aduk rata.
  5. Garami dan merica-i..hehe. Sisihkan
  6. Di penggorengan yang sama, masukkan sedikit minyak dan konsentrat tomat. Masukan nasinya, aduk hingga rata. Garami bila perlu.
  7. Hidangkan dengan dagingya.
  8. Kalau saya sih, semua dagingnya dikasih air jeruk nipis dikit, biar lebih nendang aja gitu rasanya. Kalau perlu, makan dengan bawang bombay yang diiris sangat tipis, atau dengan ditaburkan irisan daun ketumbar.