Wednesday, July 18, 2007

TELOR MENANTU (BLADO TELOR THAILAND)


Bentuknya gak jauh beda kok dari blado telornya kita.Terjemahan sebetulnya sih Son in Law Eggs. Kenapa namanya aneh, saya gak tau juga ya. Resep diambil dari Authentic Thai Recipes (Periplus, 2000). Yah modifikasi dikit-dikit lah seperti biasa:
Bahan:
  • 4 buah telur rebus (kalo saya sih direbus sampe matang, tapi kalau resep aslinya ya direbus empat menit saja), kupas.
  • 2 sendok makan kecap ikan
  • gula jawa halus, secukupnya
  • 1 cubitan kecil asam jawa
  • 1 sdm pasta cabe (saya pakai cabe hijau, lagi gak punya yang merah)
  • daun ketumbar iris (saya gak pakai karena gak punya)
  • Minyak goreng untuk deep fried
Haluskan:
  • 2 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah


Cara:
  1. Pertama-tama kita goreng dulu telurnya, panaskan minyak sampai panas benar, kecilkan api, masukkan telurnya, goreng selama 2 atau 3 menit, sampai rada coklat (sebetulnya ada cara goreng telur mbak estherlita biar bagus kulitnya, tp saya lagi malas ngubek-ngubek net, jadi yah goreng seadanya saja nih). Sisihkan.
  2. Panaskan sedikit minyak di penggorengan goreng bawang merah dan putih sampai rada layu, masukkan kecap ikan, sedikit air (sekitar 30ml), asam jawa, gula jawa, cabai. Goreng sampai gula cair. Angkat dari api.
  3. Hidangkan dengan cara saus dituangkan ke atas telur yang sudah di belah dua. Taburkan daun ketumbar di atasnya.

Sorry nih, kalo penampilan kurang oke...hehehe... karena motongnya sembrono gitu deh... tapi rasa lumayan kok.