Tuesday, July 24, 2007

PAD THAÏ


Terus terang, gak terlalu suka sama mie pucet-pucet. Mie, menurut gue, ya harus ada kecap manisnya buat warna dan rasa (Indonesia banget kan, doyan kecap manis!). Tapi ya udah deh, test-test resep jalan terus lah yaw...Ide Resep diambil dari buku Cuisine Thaï pour debutants (Marabout Chef, 2006). Resep direduksi untuk porsi dua orang sajah. Aduh terus terang ya, kalo disuruh bikin ini lagi, gue rada males deh.. untuk ukuran masakan Thailand, ini rada2 ribet buat gue... bumbunya banyak betul.. Halah, kayak masakan Indonesia gak ribet dan bumbunya banyak ajee....

Bahan:
  • 20 gr asam jawa
  • air mendidih
  • 1 sdm gula jawa halus
  • 40 ml saus cabe manis thailand
  • 40 ml saus ikan
  • 137 gr mie (dari beras) putih, persis kayak mie buat kwetiaw, tapi kecilan lagi dikit (saya malah pake yang besar.. ).
  • 200 gr udang ukuran sedang, kupas, biarkan buntutnya
  • 1 radish putih yang diiris tipis dan digarami (saya gak punya, pakenya turnip, semacam lobak, satu biji, potong kecil-kecil)
  • 1 sdt bubuk jahe
  • 1 cabai merah diiris tipis
  • 2 sdm ebi kering
  • 2 telur kocok
  • 2 daun bawang yang diiris (ini sebetulnya gue gak tau apaan, karena bahasa perancisnya dibilang tige d'oignon vert - batang bawang hijau? Saya gak pakai)
  • 100 gr toge
  • daun ketumbar segar secukupnya
  • 1 jeruk nipis dipotong empat
  • Kacang tanah panggang

Cara:
  1. Rendam asam jawa dalam air mendidih, lewat saringan diremas-remas agar dapat cairan asamnya. Sisihkan.
  2. Campur gula, saus cabe, saus ikan dalam mangkok kecil, masukkan air asam. Sisihkan.
  3. Masukan mie ke dalam suatu mangkok besar, masukkan air mendidih, biarkan sampai melunak, tiriskan.
  4. Dalam blender, masukkan radish putih (turnip), ebi, jahe dan cabe, blender sampai kentel.
  5. Panaskan minyak dalam penggorengan, masak campuran turnip, jahe, ebi tadi.
  6. Masukkan udang, sampai berubah warnanya.
  7. Masukkan telur kocok, aduk terus jangan berhenti.
  8. Masukkan mie, campuran asam jawa, toge, dan batang bawang hijau.
  9. Masak hingga semua tercampur rata dan panas, kemudian tarik dari api.
  10. Hidangkan dengan daun ketumbar, kacang tanah panggang yang ditaburkan di atasnya. Tambahkan perasan jeruk nipis bila suka.