Saturday, August 4, 2007

BRONGKOS EMAKNYA DODOL


Cuman ada dua masakan emak yang gue doyan bener.. Rawon, sop jagung dan Bronkos (gak bisa ngitung..hehehe). Banyak sih, telor petis, gado-gado juga. Soto Padang juga deng...Dan kalau si emak udah bikin Bronkos, rasanya gimana gitu loh.. happy banget kayak mau nabrak gunung..beuh!!!

Biasanya kan brongkos ada daun melinjonya, tp saya gak pake karena emang gak ada (nemu di mana di negaranya Asterix?). Kata emak, resep bumbu rawon sama Bronkos tuh banyak samanya, bedanya cuman di Bronkos di kasih santan. Nah..gini dah resepnya (takarannya sih saya sendiri yang ngarang, abis emak gak pake takaran-takaran).

Bronkos

Bumbu Halus:
  • 4 siung bawang merah
  • 2 siung bawang Putih
  • 1 sdt Laos bubuk
  • 0,5 sdtTerasi
  • Cubitan kecil asem jawa
  • 1 Cabai
  • 1 sdt Ketumbar bubuk
  • 1 sdt Kunyit bubuk
  • 1 sdt Laos bubuk
  • 0,5 sdt Jahe bubuk
  • 10 gr Kluwek (diseduh dengan air panas sedikit kemudian ditumbuk)
  • 1 sdm Sereh Bubuk

Bahan Lainnya:
  • 2 Daun Jeruk
  • 1 Daun Salam
  • Garam
  • Merica
  • Setengah kepal Tetelan daging (setau saya, emak pake ini buat tambahin rasa doang, saya waktu itu gak pakai, yang dipakai malah kaldu kotak knor gitu deh).
  • Tahu (saya pakai ukuran 6x6cm dua biji, dipotong kotak-kotak kecil, digoreng setengah matang).
  • Sayuran secukupnya (daun melinjo, kacang panjang, saya pakai haricot vert, kacang panjangnya eropa)
  • 400 ml Santan Cair (atau tambahin air bila airnya dirasa kurang)

Cara:
  1. Tumis bumbu halus, daun jeruk dan salam hingga harum
  2. Masukan daging tetelan, masak hingga berubah warna
  3. Masukkan santan cair aduk
  4. Masukkan Tahu, biarkan masak hingga kira-kira warna tahu menjadi coklat seperti bumbunya.
  5. Bubuhkan garam atau merica, cicipi bila rasanya sudah pas
  6. Masukkan sayuran (kacan panjang dan daun melinjo).
  7. Hidangkan