Monday, August 13, 2007

Dapur suami # 2: Brioche Torsadée à la Crème Pâtissière


Gak tau deh, nama roti (brioche) ini kalo di Indonesia-in apa namanya, kalau terjemahan langsungnya sih, roti kepang dengan krim patisisere. Ini bukan saya yang bikin, tapi suami tercinta (suami gue emang ada berapa ya, sampe ada yang tercinta segala...hehehe.. yg laennya cinta doang). Suatu hari, dia pulang ke rumah, dan bilang, "Eh gue mo bikin brioche untuk dibawa ke kantor besok, buat dibagi-bagi ke temen sejawat". Dia emang seneng begitu kalau lagi rajin, suka bawa-bawa kue bikinannya sendiri ke kantor. Tapi emang waktu itu dia lagi ultah, makanya dia spesial mo bikin buat temen-temennya. Resep diambil dari Pain Maison, (Marabout 2005). Kami menggunakan mesin roti untuk membuat segala jenis roti. Kalau nggak punya, yah uleni aja sampe kalis ya? hehehe.

catatan untuk mesin roti:
Teman saya di jakarta ada yang punya adukan roti atau mixer roti, tapi bukan mesin roti. Bedanya, yah, mesin roti melakukan kerjaan aduk, dan juga manggang, kalau mixer roti, ya cuman buat aduk aja, manggang adonannya terpisah alias di oven. Menurut saya, punya mesin roti gini praktis banget, gak perlu ngaduk-ngaduk sampe pegel. Tinggal masukin semua bahan di mesin, pasang program yang kita mau, ditinggal aja, ntar dia otomatis menyelesaikan semua tugasnya. Kayak punya rice cooker aja buat bikin nasi.

Porsi untuk 4 orang
Bahan A:
  • 30 ml susu
  • 150 g tepung terigu (kami pakai yang nomor T45, di perancis, tepung terigu biasanya ada nomor-nomornya, tapi ya kalau gak ada, pakai tepung biasa aja).
  • 1 butir telur dikocok kasar
  • 0.5 sdt garam
  • 1 sdt yeast
  • 60 gr mentega
  • 1 sdm gula

Bahan untuk hiasannya (crème pâtissière)
  • 100 ml susu
  • 1 kuning telur
  • 20 gr gula
  • 10 gr tepung
  • 20 gr bubuk almond
  • 30 gr chocolate chips

Cara:
  1. masukkan semua bahan A dalam mesin (program untuk bikin pizza, makan waktu selama 40 menit). Seperti kata saya, kalau tidak punya mesinnya, ya beli... eh.. nggak deng... hehehe.. aduk (uleni) semua bahan A sampai kalis. Biarkan selama beberapa menit agar mengembang sedikit.
  2. Sementara itu, bikin crème pâtisièrenya (Bahan Hiasnya). Mix kuning telur dan gula, hingga warnanya putih. Tambahkan tepung dan almond bubuk. Didihkan susu, kemudian tuangkan ke dalam adonan, aduk, taruh dalam panci, masak dengan api kecil, diaduk tanpa henti hingga campuran jadi kental. Biarkan dingin.
  3. Ambil adonan roti tadi, bentangkan di atas meja, buat bentuk persegi panjang. Oleskan dengan crème patissière dan sebarkan chocolate chips di atasnya. Roll secara memanjang, kemudian potong secara memanjang juga. Kepang kedua potongan adonan, perhatikan agar bagian dimana crème berada ada di sisi atas, kepang hingga ujung adonan.
  4. Bentuk adonan kepang tadi menjadi seperti konde.
  5. Tutup adonan dengan serbet, diamkan selama 20 menit.
  6. Panaskan oven 180°C dan letakan adonan di dalam oven, panggang selama 25 menit. Keluarkan dari oven dan segera bubuhkan gula cair yang dicampur dengan sedikit air. Gula akan meleleh dengan panasnya roti.
Ngomong-ngomong, temen sejawatnya gak percaya kalo ini dia bikin sendiri, dipikirnya beli. Duleile segitunya. Mereka kayaknya harus liat foto diatas, dimana keliatan deh tuh tangan sapa yang bikin. Hehehe... It's magical what a bread machine can do!