Sunday, August 5, 2007

BUKU MASAK, SUMBER INSPIRASI ATAU SEKEDAR PAJANGAN?

Hobby saya semenjak dua tahun terakhir adalah masak. Sebetulnya udah lama sih, jaman masih tinggal di Indonesia dan kerja saya seneng juga coba-coba resep. Tapi selain sibuk (tah elah.. sok banget deh gue), saya juga gak mau ngerepotin si mbak dengan cucian panci segunung hasil test resep.

Nggak deng.. itu semua cuman alasan bokisnya gue aja. Alasan sebetulnya adalah malas dan kadang bahan-bahannya mahal gitu loh (apalagi bangsa mascarpone cheese, amit-amit dah, jaman dulu aja udah mahal!). Kalau mo nyoba resep, saya harus lari ke Carrefour gitu, tepatnya: harus naek mobil ke sana, karena Carrefour paling deket dari rumah, yah di Lebak Bulus. Ada sih Héro di Cilandak, atau supermarketnya Matahari di Cilandak Town Square, tapi kayaknya kurang lengkap aja gitu (sekarang malah udah ada giant di seberangnya Carrefour Lebak Bulus ya, sukses gak tuh saingan berdua?).

Semenjak jauh dari Indonesia, mau gak mau harus masak, dan ternyata saya cukup senang menjalaninya. Emang sih, dulu jaman masih kuliah di Belanda, mo kata besok harinya ada ujian, saya belain juga masak. Walaupun hasilnya acak adut, gak pernah pake resep (alias asal tumis asal goreng), tapi udah cukup bikin para tetangga selantai sirik berat (ada juga yang ngamuk karena bau masakan saya terlalu kenceng buat ukuran orang Eropa). Cuman dulu kok saya gak seberapa ngoyo, padahal di Belanda, bahan-bahan makanan Asia (Indonesia), gampang di dapet. Tinggal kayuh sepeda sejauh empat stasiun, sampe deh.

Tapi justru semenjak saya tinggal di Perancislah, hobby masak (masakan asia) jadi makin menjadi-jadi. Makanan Indonesia yang tadinya saya gak terlalu suka, malah di sini jadi termehek-mehek. Mungkin karena semakin susah ditemukan, semakin saya penasaran dan pengen nyoba sendiri. Mungkin juga karena mas gorilla, suami saya, demen masak dan mencoba hal-hal baru, yang membuat saya pengen mencoba berbagai resep baru.

Tadinya, awal-awal saya tinggal di Perancis, selalu dia yang masak atau bikin kue, karena saya masih bingung dengan penyesuaian diri dengan negara yang mana saya gak lancar bicara bahasanya. Tapi setelah saya sudah mulai tau how to get around, saya mulai mengambil alih tugas masak. Dia pun tau diri, mundur membiarkan saya bereksplorasi dengan berbagai bahan makanan, apalagi untuk masak-masakan Asia. Atau mungkin juga karena dia ngerasa, ya udah deh, dimana-mana mah yang enak yang tinggal makan, ngapain juga repot-repot masak?

Nah, untuk test-test resep, tentu saja harus ada resepnya dong. Seiring dengan berkembangnya hobby masak saya, saya jadi tergila-gila sama yang namanya ngumpulin resep. Waktu di Indonesia saya banyak pinjem majalah dan bukunya kakak (dianya malah gak pernah masak, saking sibuknya sama kerjaan dan ngurus anak balitanya). Saya juga ikut ngumpulin resep dikit-dikit, tapi waktu pindahan ke Perancis, cuman sempet nyelamatin dua buku keramat: Buku Masakan Thailand dan buku resep juice, dua-duanya terbitan Periplus. Buku sushi dan beberapa buku lain yang saya gak terlalu inget apaan aja, saya tinggal. Padahal dulu lagi tergila-gilanya sama sushi (cuman waktu itu belom pernah nyoba resepnya, karena bahan mentahnya mahal, jatohnya mending beli deh).

Sampai di Perancis, porsi untuk hunting resep di net jadi makin besar. Saya ikutan beberapa milis makanan sambil rajin ngeliat-liat resep baru di beberapa situs pendiri milis. Saya print beberapa yang menurut saya menarik (hampir semua juga gitu deh..hehe), dan saya kumpulkan di binder khusus resep masak saya, yang gambar depannya Bart Simpson (iya itu tokoh favoritnya suami, saya dan juga salah satu mantan pacar saya dulu... woooo... sape tuh?!).

Binder Bart saya makin hari makin penuh, dan banyak sekali resep-resep di dalamnya yang belum pernah saya coba. Dan anehnya, saya juga gak mandeg, berhenti ngumpulin resep baik itu dari net, maupun dari buku. Kalau lagi jalan-jalan ke toko buku, trus ngeliat buku resep yang kira-kira menarik, saya bela-belain beli biar kata lagi bokek, dan udah gak ada tempat di rumah buat nyimpennya. Di Perancis, menurut pengamatan saya, kalau mupeng sama barang, sebaiknya langsung beli, karena besok belom tentu masih terpampang di toko.

Buku resep yang menurut saya menarik adalah buku seri masak terbitan Marabout, karena biasanya gampang, dan rasanya cukup original untuk resep-resep dari Asia. Sebetulnya marabout ini banyak nerbitin ulang buku-buku resep terbitan Australia, dan kadang kala banyak resep yang mirip-mirip, dari suatu buku terbitan Marabout dengan terbitan Marabout lainnya. Tapi ya mending deh, daripada nyari sendiri buku terbitan Australia itu kan, yang belom tentu ketemu atau murah ongkosnya.

Karena saya penggemar berat masakan Thailand (jangan tanya nama-namanya, gak apal), saya punya sekitar lima buku dengan tema resep Thailand. Diikuti dua buku dengan tema Laos, dua buku tema masakan Jepang. Untuk masakan Indonesia saya hanya punya satu, yaitu tentang masakan Bali. Hal ini disebabkan resep Indoenesia banyak bertebaran di net, dan sumbernya juga langsung dari orang Indonesia sendiri, jadi masalah cita rasa bisa dipertanggungjawabkanlah yaw... Selain saya masih nunggu aja kiriman dari Jakarta buku resep masakan Indonesia.

Untuk masakan khas perancis, saya gak punya bukunya khusus, karena saya belum tertarik untuk mendalaminya. Alasannya adalah, masakan perancis ternyata cukup repot dalam teknik pembikinannya, dan terlebih lagi, karena saya agak minder dengan ibu mertua saya yang pinter banget kalau masak. Masakannya selalu bikin kangen semua orang, termasuk saya sendiri. Sebaiknya kondisi saya yang males masakan perancis akan saya biarkan begitu karena ini bisa bikin suami saya tetep inget untuk pulang ke rumah ibunya, mencoba masakannya yang beda banget dengan masakan istrinya.

Kayaknya hobby saya masak dan ngumpulin resep ini belom akan menemukan titik penghabisannya nih. Entah nanti bila sudah saatnya memulai kegiatan baru di bulan Oktober, di mana saya mungkin gak akan sempet lagi masak ataupun ngenet, bisa jadi, saya akan berhenti sama sekali dan menyerahkan tampuk kekuasaan ke suami saya, yang udah mulai karatan otak masaknya, semenjak saya depak dari depan kompor dulu.

Suami saya selalu bertanya, kenapa dalam praktek test resep, saya tidak pernah mengikuti resep 100% (selalu melakukan modifikasi terhadap resep), dan mengapa saya terus-terusan membeli buku resep, padahal saya juga gak ada berhenti-berhentinya menghabiskan tinta printernya mengikuti perkembangan resep di net. Saya gak pernah tau jawabannya.

Mungkin karena buat saya, mengikuti resep secara 100% itu membosankan dan dekat dengan kesempurnaan, sesuatu yang bukan saya. Buat saya, resep yang di dapat dari net maupun dari buku, adalah sumber inspirasi, suatu guide yang mana kita kan gak harus selalu mengikutinya, apalagi kalau bahan-bahan yang kita punya gak komplit. Satu lagi, buku-buku resep itu bisa juga jadi pajangan di rumah loh. Kan gak enak kalau punya lemari buku tapi kosong gak ada bukunya...hehehe...

Walaupun udah ratusan (mungkin ribuan) resep yang saya punya, gak ada jaminan kalau saya bakal jadi pakar kuliner. Coba aja tanya nama makanan, nama bahan, nama suatu teknik masak, saya gak akan pernah tau jawabnya secara pasti. Saya hanya seorang amatiran yang menaruh interest yang besar kepada masak dan makanan.

Ini dia koleksi buku resep saya. Banyak dari mereka saya kasih "post it" biar inget, resep mana yang bakalan atau sudah pernah saya coba. Buku resep inceran berikutnya adalah: Resep-resep ramadhan dari Maroko, resep masakan Italia, Spanyol, Perancis, Vietnam, India, dan negara-negara Asia Tengah lainnya. Cita-cita berikutnya tentang makanan? Hmmm.. pergi ke China dan merasakan langsung masakan Cina di negara asalnya. Karena kata suami saya, masakan China di negara asalnya beda banget, jauh lebih enak daripada masakan cina di negara lain. Iyalah...