Sunday, August 5, 2007

ES KRIM VANILLA


Menurut buku yang saya punya, bikin es krim itu gampang, walaupun kita gak punya alat untuk bikinnya. Menurut pengalaman pertama saya bikin es krim, emang gampang sih, tapi capek deh... Karena harus ngaduk, dan ngeluarinnya lagi dari freezer. Berikut adalah percobaan bikin es krim pertama saya. Saya gak bisa ngilangin warna kuning dari egg yolk. Entah gimana caranya sepertinya kalo bikin bener-bener putih harus pakai bahan pewarna atau apa sih? Bingung. Ada saran gak ya? Abis kalau warnanya kuning gitu otak saya gak bisa diajak kompromi, bilangnya itu es krim telor..hehehe

Resep diambil dari buku Glaces et Sorbets (parragon, 2004).

Bahan:
  • 30 cl creme cair (fluid)
  • 30 cl creme kentel (épaise) atau 60 cl creme fleurette (saya gak tau bahasa Indonesianya, creme ini adalah creme untuk bikin whip cream)
  • 1 batang vanilla ( saya ganti dengan satu sendok makan sirup vanila, tp jangan diikutin deh, gak baik ganti-ganti resep dessert..hehe)
  • 4 kuning telur
  • 120 gr gula pasir

Untuk 4 sampai 6 orang
  1. Dalam panci yang bawahnya tebal, campur dua macam creme. Belah batang vanilla dengan pisau; garuk bijinya ke dalam panci, masukan batangnya juga. Panaskan hingga mendekati mendidih (tp jangan sampai mendidih), tarik dari api, biarkan selama 30 menit. Keluarkan batang vanillanya.
  2. Dalam suatu mangkok, mix telur dan gula sampai terdapat busa putih (nah ini yang saya gak bisa, udah lama dipasang, tetep aja warnanya kuning) dan jika dimasukkan sendok, jadi ngebentuk pita. Masukkan susu perlahan-lahan ke dalamnya, sambil diaduk dengan sendok kayu. Masukkan semuanya ke dalam panci dengan cara menyaringnya dahulu melalui saringan yang bolongannya kecil banget. Masak di atas api selama 10 sampai 15 menit sambil secara konstant diaduk. Lakukan sampai cairan mengental sehingga didapat cairan yang kental, yang menutupi sendok pengaduknya. Jangan didihkan. Tarik dari api, biarkan selama satu jam sambil kadang-kadang diaduk agar tidak terbentuk lapisan kental di atas susu.
  3. Masukkan adonan dalam freezer, tanpa tutup, biarkan selama 1 sampai 2 jam hingga pinggirannya beku.Masukkan adonan tersebut dalam mangkok, di mix lagi. Tutup dan masukkan dalam freezer selama 2 atau 3 jam hingga beku.

Makannya pakai roti tawar, biar kayak jaman dulu, tukang es dung dung keliling, pakai roti..hehehe... (duh, gue banget deh yang selalu terjebak sama nostalgia-nostalgia semu masa dulu). Nanti-nanti saya akan bikin sorbet-sorbet. Resep ice cream dan sorbet di buku ini terlalu menggoda, minta banget dicobain satu-satu!





Ps: credit buat melani yang menginspirasikan saya pakai photobucket..hehehe...