Monday, August 6, 2007

SALAD REBUNG DENGAN JUICE YANANG

Resep Laos yang saya dapat dari buku resep LAOS (Orphie, 2006). Salade ini emang rada unik, karena rebung direbus dengan juice yanang, yang saya juga gak tau tuh gimana ngejelasinnya. Coba di google aja kali ya, definisinya apa. Terus terang, saya gak terlalu suka sama baunya juice yanang, abis bau anyep daun banget deh. Setelah direbus, rebung berubah warna, menjadi hijau kehitaman, persis seperti warna daun yanang. Tapi mungkin extract yanang ini sangat menyehatkan abis baunya mengingatkan gue sama ramuan jamu mana gitu. Extract ini bisa dibeli di toko asia.

Bikin salade ini, mayan gampang, soalnya saya cuman pake produk kaleng-kalengan doang sih yang praktis (gak tau deh besok-besok efek sampingnya apaan, karena kebanyakan makan-makanan kaleng).

Resep asli pakai daging babi cincang, saya ganti pakai tuna. Resep untuk dua orang (yang merindukan kurus dan paha kecil..hehehe). Jahe tumbuk saya ganti dengan jahe bubuk.

Bahan:
  • 150 gr rebung diiris tipis (saya beli kalengan, udah males ngiris-ngirisnya)
  • 130 gr daging ikan tuna (kalengan juga)
  • 400 ml juice yanang (saya beli kalengan)
  • 2 siung bawang merah ukuran besar (4 siung kalau kecil ukuran bawangnya)
  • 2 siung kecil bawang putih
  • 1 cabai merah
  • jus citron, yang diperes dari setengah buahnya
  • 1 sdm biji sesame panggang
  • 1/2 sdt jahe bubuk
  • garam secukupnya
  • 1 cube kaldu ayam (saya pakai 1/2nya aja)
  • 1 sdm kecap ikan
  • 1/2 bawang bombay iris tipis (saya gak pakai)
  • daun mint secukupnya (saya gak pakai)
  • daun koriander (saya gak pakai)
  • kacang tanah panggang, ditumbuk (saya gak pakai)


Cara:
  1. Dalam sebuah panci, rebus rebung dengan juice yanang, garam sedikit, dan kaldu ayam selama setengah jam, tiriskan bila masih ada airnya.
  2. Tumbuk bawang merah putih beserta cabai, tumis, masukkan daging ikan tuna. Aduk hingga masak.
  3. Dalam mangkok salade, campur rebung dan tuna, berikan jus citron.
  4. Masukkan kecap ikan, biji sesame, kacang dan jahe. Campur.
  5. Masukkan daun koriander, mint dan bawang bombay iris.
  6. Hidangkan.

juice yanang dalam kaleng


Ps. Kritik, saran, komen, silahkan PM saya saja. Saya membuka diri buat kritik.