Thursday, August 30, 2007

Huîtres à l'asiatique (oyster cara asia)



Orang-orang Perancis senang betul makan oyster mentah. Oyster mentah ini dihidangkan sebagai makanan pembuka, dan diseruput dari kerangnya begitu saja.

Ketika kami kemarin ke Normandie, kami sempatkan diri beli oyster untuk makan di rumah, walaupun kami tau, kalau oyster Normandie masih kalah enak dengan oyster Bretagne. Konon, oyester yang datang dari daerah Bretagne adalah oyster yang terbaik di dunia.

Bosen makan oyster (huître) mentah, à la Perancis, maka ketika kami kemarin membeli oyster lokal Normandie, saya memasak sebagian darinya. Dan tentu saja, sebagian lagi kami makan dengan cara mentah.

Resep diambil dari Tout Vapeur (marabout, 2006). Seperti biasa, pasti ada modifnya. Yalah... kalo nggak kan tinggal beli aja bukunya, gak usah saya share di sini... hehehe..Resep ini cocok untuk hidangan pembuka

Bahan:
  • 12 oyster
  • 2 siung bawang putih cincang kecil-kecil
  • 1 sdt jahe bubuk
  • 2 bawang bombay cincang dadu
  • 2 sdm kecap jepang (saya pakai jauh lebih banyak dari itu, karena suka dengan rasanya)
  • 3 sdm minyak arachide (saya pakai minyak goreng biasa, karena waktu itu gak punya)
  • daun ketumbar (saya ganti dengan irisan daun basilic)

Cara:
  1. Letakan kertas sulfur (kertas roti) di atas keranjang kukusan. Buka oyster, (masih dengan rumahnya) letakan di atas kertas.
  2. Campur bawang putih dengan jahe, bawang bombay, kemudian letakkan di atas oyster. Teteskan kecap di atas semua oyster. Kukus oyster selama 2 menit, di atas air yang hampir mendidih.
  3. Panaskan minyak di dalam panci, sampai keluar asapnya. Teteskan di atas oyster. Bubuhkan daun ketumbar (basilic).
  4. Hidangkan.

Ngomong-ngomong, bahasa indonesianya oyster apaan ya?