Wednesday, August 29, 2007

Perkedel Jagung dengan Kunci



Kenapa ya saya demen banget bikin perkedel jagung. Kemaren liat dadar jagung pedasnya mbak Wienda, saya jadi pengen bikin. Tapi saya gak pengen makan pakai nasi, jadi ya udah pengennya bikin perkedel sekalian, buat makan malem. Saya menggabungkan ide resep mbak Wienda dengan perkedel jagung manadonya mbak Rieke di Sexy Chef..


Ini resepnya (takarannya kira2 saja ya)
Bumbu halus, blender:
  • 3 lembar daun jeruk, karena saya pakai daun jeruk kering, saya rendem di air panas sebentar
  • 4 cm kunci
  • 1 sdt sambel ulek
  • 3 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah besar (maklum saya emang demenbanget makai banyak bawang)
  • 2 sdt ketumbar bubuk

Bahan lainnya
  • 280gr jagung kaleng
  • 5 sdm tepung beras
  • 5 lembar daun bawang ambil bagian putihnya, iris tipis-tipis
  • 2 butir telur kocok lepas
  • minyak banyak untuk menggoreng deep fried

Cara:
  1. Campur semua bahan dalam mangkok besar, aduk rata
  2. panaskan minyak banyak dalam penggorengan
  3. ambil satu sendok adonan, tuangkan dalam penggorengan, goreng sampai matang.
  4. hidangkan tanpa menunda, makan dengan kecap manis atau cabai.
PS: lain kali mau ah ditambahin pake kunyit dan jahe, biar makin mantap banyak rempah-rempah, kayak perkedelnya si ibon...