Wednesday, August 29, 2007

Labu Masak Pakai Dashi


Resep diambil dari Sushi et Compagnie (Maraboutchef, 2001). Resep asli bikin dashinya from scratch, kalau saya udah punya dashi bubuk, jadi tinggal dipake aja gitu, lebih praktis. Terus terang, saya belom pernah makan labu sebelom ini. Tiap ke kedai makan jepang, saya sering liat labu seperti ini di tempat mereka, jadi ngiler. Setelah nyoba.. well.. not bad. Tapi bahwa labu adalah bagian dari sayur.. euh.. rasanya ya saya gak bisa terlalu ngefans dengan labu. Abis rasanya masih berasa agak "sayur". Saya oke-oke aja makan sayur, asal porsinya gak banyak-bayak.

Bahan:
  • 1/4 bagian dari satu labu siam, yang dipotong kotak-kotak, buang bijinya, tapi jangan dikupas
  • 200 ml air
  • 2 sdm mirin
  • 2 sdm kecap jepang
  • 1 sdt bubuk dashi

cara:
  1. potong bagian kulit yang paling menonjol dari punggung labu, agar labu menyerap cairan
  2. letakan labu dalam panci, dengan cara menaruh bagian punggungnya ke bawah. Masukkan dashi, mirin, air, gula ke dalam panci. Didihkan, kecilkan api, biarkan masak dengan keadaan panci tertutup, selama 5 menit. Kemudian balik potongan labu (posisi tidur), masak selama 2 menit.
  3. Masukkan kecap, masak selama 8 menit sampai labu agak masak.
    Tarik panci dari api, tunggu sampai asapnya hilang. Hidangkan dengan sedikit kuahnya.