Monday, August 27, 2007

Tiramisu aux Biscuits Roses



Resep saya ambil dari makalah Maxi Cuisine (edisi untuk agustus - september 2007). Tapi karena saya gak punya strawberry, saya ganti dengan blackberry (baru nyolong di kebon orang kemaren). Udah gitu, crème anglaisenya saya gak punya yang beli jadi. Jadi saya bikin sendiri aja, coba-coba. Kata si keong mas, crème ini sama dengan crème patisière yang biasa dipakai untuk fillingnya kue sus.


CREME ANGLAISE
Saya bingung sama yang namanya crème anglaise, karena saya pikir, ini nama yang diberikan oleh orang Perancis atas crème yang dibikin cara (datang dari) inggris (crème anglaise= english cream kalau diterjemahkan langsung). Tapi ternyata ketika saya google di net dengan kata kunci crème anglaise, semua situs yang keluar adalah situs dalam bahasa inggris, tapi crème anglaise tidak diterjemahkan dalam bahasa inggris (english cream), tapi tetep ditulis crème anglaise. Malah ada satu situs yang menurut saya lucu, yang secara tidak langsung mengatakan kalau crème anglaise itu adalah crème vanila à la Perancis. Tapi pas saya coba lagi dengan English curstard cream, baru deh ada resep bahasa inggrisnya.

Crème anglaise ini bisa dibeli jadi, tapi karena saya lupa beli, saya terpaksa bikin, dan berpatokan pada situs ini, atau bisa juga berpatokan sama apa yang dikatakan mas wikipedia. Tapi semua saya sesuaikan dengan kebutuhan saya sendiri dalam mebuat kue ini, dan bikinnya juga cara saya banget deh (yang penting asal ada aja crème anglaisnya) hehe.

Crème Anglaise
  • 3 kuning telur
  • 64 gr gula pasir
  • 200 ml susu
  • 1 sdt essence vanila cair

CARA
  1. kocok kuning telur dengan gula dengan kecepatan tinggi, sampai adonan berwarna kuning muda dan sedikit mengembang.
  2. Panakan susu dalam panci dengan api kecil, masukkan vanila, aduk-aduk. Masukkan adonan susu, aduk hingga kental (hingga sendok pengaduk tertutup oleh adonan yang mengembang).
  3. tarik dari api, sisihkan hingga dingin, kemudian dinginkan di lemari es selama 2 jam.

BISCUITS ROSES DE REIMS
Untuk biscuit Rose de Reims (pink). Biscuit ini sebetulnya sih sama kok kayak Lady Fingers. Cuman, warnanya pink. Entah kenapa dikasih nama biscuits roses de Reims (nama salah satu kota di timur Paris). Coba aja liat sejarahnya di sini. Yah kalau gak bisa nemu, ya sudah pakai aja lady fingers biasa kali yeee..hehe.

GRAND MARNIER
Untuk grand marnier, saya gak punya, saya pakai rhum biasa. Kalau tidak suka pakai alcohol, bisa diganti dengan jus jeruk biasa (menurut resep aslinya sih gitu).


TIRAMISU AUX BISCUITS ROSES
  • 600 gr strawberry (saya ganti dengan blacberry dan saya gak pakai banyak-banyak juga -acem!!)
  • 6 biskuit rose de reims atau lady fingers (saya sarankan pakai 12 karena lady fingers lebih kurus daripada biskuit reims)
  • 1 sdm gula tepung yang halus
  • 10 cl crème fleurette (krim sedikit kental untuk membuat whip cream)
  • 250 gr mascarpone
  • 20 cl crème anglaise
  • 6 sdm grand marnier
  • 50 gr kacang almond yang diiris (saya gak pakai, bukannya gak punya, emang males aja ngiris..hehe).
CARA:
  1. cuci bersih strawberry dengan air dingin, letakkan di kertas tisu, iris tipis, dan panggang kacang almond
  2. dalam mangkok besar, kocok menggunakan mixer gula tepung dengan mascarpone hingga halus, kemudian masukkan crème fleurete dingin dan kocok lagi hingga didapatkan campuran crème yang lembut.
  3. Siapkan 6 gelas (saya pakai gelas ukuran tinggi sekitar 7 cm, diameter 7 cm juga). Potong biskuit pink besar-besar. Masukkan satu potongan ke dalam gelas kecil. Lakukan terhadap sisa biskuit. Tuangkan 2 sdm crème anglaise ke dalam masing-masing gelas atau bagi rata, hingga crème anglaisenya habis dalam 6 gelas tadi. Masukkan potongan strawberry ke dalamnya. Berikutnya, masukkan 1 sdm grand marnier ke dalam satu gelasnya (lakukan hal yang sama terhadap gelas lainnya). Masukkan 2 sdm crème mascarpone ke dalam satu gelas/bagi rata terhadap 6 gelas tersebut. Taburkan irisan almond. Dinginkan di lemari es selama 2 jam.

Saya suka banget sama resep crème tiramisu ini. Bisa dipakai untk bikin kue tiramisu biasa (yang pakai cafe dan coklat tabur itu). Bikinnya gak repot, karena gak pakai kuning telur, dan adonan yang dihasilkan padat dan lezat banget, gak terlalu blenger karena kuning telor.