Tuesday, August 14, 2007

Zucchini Goreng Cara Tempura



Gara-gara Sari nyebut bakwan sayuran yang kita makan di kedai Jepang kemaren, saya jadi pengen banget dah bisa bikinnya. Tapi nyari resep di net gak nemu, dan bahan-bahannya juga gak ada (haya.. niat gak sih?), akhirnya malah bikin tempura-tempuraan aja deh. Bahan yang ada cuman kentang (itu juga bukan kentang yang spesial), dan zucchini atau courgette bahasa perancisnya, yang masih sodaraan sama ketimun.


Ya udah deh, mari..kita bikin zucchini cara Tempura aja... Teknik bikin tepungnya saya dapet dari internet jadul, tapi terus terang, saya masih belum menguasainya. Selebihnya.. hmmm.. ngarang. Jadi, untuk teman-teman saya yang tinggal di Jepang, saya jangan diketawain ya, kalau tempuranya asli salah jalur banget. Gak ada jepang-jepangnya...hehehe. Katanya yang punya teknik bikin tepung lapis ini (orang jepang asli), bikin tempura itu gak gampang. Jadi ya harap maklum kalau saya yang bikin, jadinya tempura pura-pura.. hehehe..

Bahan:
  • Sayur-sayuran, macem zucchini, paprika, buncis, kentang, bawang bombay, terong, wortel.
Untuk wortel, terong, paprika, kentang, potong memanjang membentuk papan tebal.
Untuk zucchini, iris tipis melintang.
Untuk bawang bombay, belah jadi dua, dan masukkan tusuk gigi dari bagian akarnya, sehingga helai bawang tetap menjadi utuh, erat satu sama lain.


Bahan tepung lapisnya:
  • Tepung
  • air yang dicampur dengan sebutir telur
Perbandingan antara (tepung) : (air+telur) = 200 ml : 200 ml

Cara membuat tepung lapisnya dan mengolah bahan:
  1. campur semua bahan di atas dalam mangkok besar. Jangan diaduk, tapi cubit-cubit dengan sumpit di setiap permukaan, sehingga semua bahan tidak semuanya bercampur rata, tapi ada bagian tepung yang bergerombol. Dinginkan dalam lemari es.
  2. Panaskan minyak-banyak, dalam penggorengan. Keluarkan adonan yang sudah dingin dari lemari es, dan masukkan beberapa es batu di dalam adonan, agar adonan ringan dan crunchy.
  3. Masukkan potongan sayuran ke dalam mangkok, kemudian goreng dalam penggorengan, hingga tepung matang.
  4. Angkat, tiriskan, hidangkan dengan saus tempura.

Bahan saus tempura (saya pakai feeling aja, gak ada takaran)

  • sedikit bubuk hondashi
  • kecap asin jepang (karena rasanya beda dengan kecap asin indonesia maupun china punya)
  • mirin
  • sedikit jahe bubuk


Cara:
semua bahan di atas dicampur, kemudian masak dalam api kecil sambil diaduk (Perhatikan dalam membubuhkan bubuk dashi, karena rasanya asin plus kecapnya yang emang biasanya udah asin)