Tuesday, October 16, 2007

Ayam Panggang Bumbu Petis


Nah, yang ini resepnya mbak wienda, si tukang masak. Mohon, kalau ada yang pengen contek resep ini kemudian menaruhnya di blog, tolong dicantumkan sumbernya mbak wienda, karena dia yang udah capek-capek mikir. Di samping saya tampilkan versi saya, yang hanya cukup untuk dua orang yang makannya gak banyak juga.

Bahan:
  • Ayam (1 paha atas bawah, 1 dada, 4 sayap) (saya pakai 2 paha ayam)
  • 3-4 tomat kecil ato 2 tomat sedang (saya pakai satu buah, dipotong dadu kecil-kecil).
  • 3 sdm minyak goreng (saya pakai 1 sendok makan)
  • Air secukupnya
  • 3 bawang merah iris tipis (saya gak pakai)

Bumbu yg dihaluskan:
  • 2 bawang merah besar (saya pakai 4 siung)
  • 2 bawang putih (saya pakai satu)
  • 1/3 sdt terasi
  • 2 ruas jari jahe (1.5 sdt bubuk jahe)
  • 1 sdt lada utuh (saya pakai lada putih)
  • 3 sdt gula merah sisir (hanya pakai 1 sdt gula merah bubuk)
  • 2 sdt petis udang (hanya pakai 1,5 sdt saja)
  • 3 sdt purée de piments / cabe halus (sesuai selera)

Cara :
  1. Panaskan minyak goreng tumis bawang merah hingga kekuningan.
  2. Masukkan bumbu halus tumis hingga harum, masukkan tomat cincang tumis sebentar.
  3. Tambahkan ayam, lanjutkan menumis hingga ayam berubah warna.
  4. Tuangi air hingga ayam tergenang. Rebus dengan api kecil hingga ayam empuk dan bumbu agak mengental. Sambil sesekali diaduk.
  5. Panggang ayam sambil sesekali dicelupkan ke dalam bumbu rebusannya hingga kecoklatan.
  6. Sajikan ayam panggang bumbu petis dengan nasi putih hangat dan tumis bayam.