Tuesday, November 20, 2007

Bumbu Pecel


Saya tuh gak pernah tau pasti, gimana sambel atau bumbu pecel yang enak. Dulu, jaman tinggal sama nyokap, dia selalu yang beli jadi, trus tinggal di kasih air gitu khan. Menurut saya sih, rasanya biasa-biasa aja tuh sambel, gak spesial banget (sorry, saya lupa merek apa, hehe). Saya jadi penasaran kan sama bumbu pecel, yah, akhirnya saya mau nyoba bikin sendiri, ngeliat resepnya di detikfood.com, dan juga membandingkannya:di sini.

Berikut kutipannya:

setahu saya sih bumbu pecel yang beken itu, bumbu pecel madiun. bahannya standard, yg 'istimewa' biasanya bumbu ditambah daun jeruk purut yg diiris halus. (kacang tanah disangrai, kupas trus ditumbuk; cabai merah digoreng dulu, bawang putih sedikiiit, gula merah, garam, air asam jawa sedikit - garam + cabai merah + bwg putih ulek halus, masukkan irisan daun jeruk purut aduk rata, tambahkan gula merah ulek lagi, trus aduk kacang tumbuk, terakhir sambil diulek/diaduk masukkan air asam jawa sedikit2. adonannya jangan terlalu encer biar bisa disimpan di lemari es. kalo mau digunakan, diencerkan pakai air panas. that's it, gampang kan?!
waktu menyajikannya boleh ditawarkan alternative lauk pendamping, di surabaya biasanya pecel disajikan dengan pilihan lauk (side dish), dari bakwan jagung / tempe tahu bacem sampai potongan telur asin / ayam goreng / empal (gepuk) daging sapi.
kalo udah buka rumah makan kasih tau kita2 ya dimana, biar bisa kesana untuk food test!! he he he.... good luck!!!

Kesimpulannya, ya bumbu pecel yang enak, yang ada daun jeruk purutnya. Akhirnya saya bikin dan gak ngikutin takaran-takaran pastinya, dan saya tambahin sedikit bubuk kencur (dikit banget sih emang). Pokoknya ya begitu deh ya, semua bahan saya pakai. Hasilnya not bad lah, lebih enak daripada bumbu yang sering dibeli sama nyokap deh tuh.. hehehe.
PS: gilingnya pakai ulekan batu juga loh... yah, abis gimana ya, blender saya kurang memadai (kurang halus sih) hasilnya.