Tuesday, November 27, 2007

Crêpe mini Komodo Usang


Bikin crêpe gampang sebetulnya, apalagi kalo punya alatnya atau penggorengannya. Kalau saya gak punya semuanya, tapi kalo rasanya udah mirip-mirip sih,dan kue jadinya tipis sih, udah cukup heppy lah. Resep ngarang, kan barusan saya bilang, kalo bikin crêpe gampang. Saya bikin pisang goreng juga mirip-mirip juga bahannya.
Crepe yang satu ini lengket, tapi juga crunchy karena gulanya berubah menjadi caramel. Alcoholnya menguap, tapi masih ada sedikit rasa anggur (saya pakai wine putih sebetulnya).

Bahan:
  • 2 telur ayam
  • 50 gr tepung terigu (kalau di perancis, tepung terigu untuk crepe ada khusus sendiri, warnanya agak kecoklatan, jadi hasilnya pun coklat butek. Tapi saya lagi males ngubek-ngubek lemari nyari tepung coklat ini, biasanya si mas gorilla yang rajin.. saya mah cuek dah, tepung terigu biasa pun oke)
  • 300 ml susu cair

taburan:

  • white wine secukupnya
  • gula secukupnya

Cara:
  1. Aduk semua bahan dengan mixer sampai tercampur rata
  2. Panaskan penggorengan (saya pakai teflon, harusnya pakailah yang besar, tadi saya hanya pakai yang kecil karena lagi malas, banyak cucian piring sih kalo besar-besar. Tapi gara-gara pakai penggorengan kecil, bentuknya juga jadi kacau deh tuh).
  3. Tuangkan adonan sekitar satu sendok sayur (centong ya?), tarik penggorengan dari atas api, putar-putar panci, sampai adonan yang cair pada jatuh ke setiap sisi penggorengan.
  4. Tuangkan rhum secara merata ke atas crêpe (jangan kebanyakan) taburkan gula diatasnya, biarkan menyatu dengan adonan.
  5. Dengan api kecil, biarkan adonan, jangan dibalik-balik. Bila bagian bawahnya sudah kering, pelan-pelan balik adonan, masak hingga matang (sampai kuning kecoklatan).
  6. hidangkan panas-panas.