Sunday, December 2, 2007

Gulai Sayur dan Kaki Kambing


Bikin gulai kambing yang ini, saya pikir sama aja dengan memasukkan semua bahan yang saya punya di dapur, ke dalam panci, hehe. Abis bumbunya banyak, tapi karena saya pakai bubuk, semua jadi gampang dan cepat!

Bahan

  • 2 potong gigot d'agneau (kaki kambing), berat sekitar 200-300 gr (boleh dipotong sesuka hati, kalau saya, dibiarkan utuh)
  • 100 gr kol yang diiris tipis (saya pakainya kasar, karena udah males motong. Bisa dihilangkan kalau gak suka)
  • dua kacang panjang, potong-potong 3 senti-an
  • 1 sdt ghee (atau mentega india, saya pikir ini gak jauh beda sama minyak samin? pakainya sedikit saja, karena selain cukup mahal harganya, juga irit dan ketenl banget)
  • 200 ml santan kental

bumbu yang dihaluskan (blender):
  • 4 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar
  • 1 sdm sereh bubuk
  • 1 sdt kunyit bubuk
  • 1 sdt jahe bubuk
  • 1 sdt kayu manis bubuk
  • 1 sdt laos bubuk
  • 1/2 sdt pala bubuk
  • 1 sdt kapulaga
  • 1 sdt cumin
  • lada
  • garam
  • 1 sdt cabai bubuk

Bumbu lainnya:
  • 2 lembar daun salam
  • 2 butir cengkeh
  • 2 lembar daun jeruk


Cara:
  1. panaskan ghee
  2. tumis bumbu halus ke dalamnya
  3. masukkan daging kambing masak hingga berubah warna
  4. masukkan santan
  5. tambahkan kacang panjang dan kol
  6. masak hingga sayuran matang
  7. Hidangkan dengan bawang goreng dan nasi panas, bisa juga pakai ketupat.