Sunday, November 4, 2007

Japanese Cheese Cake


Setelah jenuh seminggu kuliah, saya menggunakan weekend untuk santai-santai. Dan santai buat saya adalah masak, berkumpul dengan suami, dan juga teman-teman dari kampus (belom bosen ngeliat muka mereka setiap hari rupanya..hahaha). Nah, saya punya sisa krim keju dari bikin cheese cake tradisional, kapan hari, yang pakai biskuit. Saya pengen bikin yang japanese style dengan sisa krim keju yagn saya punya. Cari di net, rata-rata pada agak ribet, dalam artian harus beli bahan yang saya lagi males beli. Eh ketemu nih, yang simpel banget bahan bakunya.


Resep diambil dari situsnya mbak clea. Menurut saya, resep ini okeee banget, seperti resepnya dia yang lain, selalu "ringan" dan porsinya sedikit-sedikit, pas untuk saya dan suami tok. Hasilnya pun mantap banget, lembut dan mousse banget deh... jadi seperti busa...

Bahan:
  • 250 gr cream cheese (saya pakai keju petite suisse, yang rasanya lebih mirip ke yoghurt natural)
  • 3 telur yang dipisahkan kuning dan putihnya
  • 50 ml susu cair
  • 90 gr gula pasir
  • 30 gr maizena
  • 2 sdm jus jeruk nipis/citron
  • 1/2 sdt baking soda (levure chimique)

Cara:
  1. Panaskan oven 175 °C.
  2. Campur keju dengan susu.
  3. Tambahkan 50 gr gula, kuning telur, maizena, jus jeruk, dan baking soda. Sisihkan.
  4. Kocok putih telur dengan sisa gula, hingga mengembang (kalau saya tidak sampai kaku juga sih kocoknya, abis ini resep aslinya gak terlalu jelas juga).
  5. Campur dengan adonan maizena (kalau saya, dikocok lagi kemudian dengan mixer sebentar, adonan baru ini).
  6. Masukkan adonan dalam pinggan untuk pemanggang kue yang sudah dilapisi kertas roti.
  7. Panggang dengan cara au bain marie selama 35 sampai 45 menit.
  8. Keluarkan dari oven, dan biarkan dingin.
  9. Hidangkan dengan cara menuangkan selai buah yang sudah dihangatkan sebelumnya.